Ingin Belajar Pemilu Jurdil, KPU-nya Ethiopia Kunjungi Kantor Bawaslu – Ambon Ekspres
Nasional

Ingin Belajar Pemilu Jurdil, KPU-nya Ethiopia Kunjungi Kantor Bawaslu

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, JAKARTA. – Penyelenggara pemilu Ethiopia atau Electoral Board of Ethiopia (NEBE)  mengunjungi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI) di Jakarta Senin (5/6).

Dalam kunjungannya, Ketua NEBE Merga Bekana Gonfa menjelaskan, bahwa di negaranya saat ini telah terjadi perubahan besar-besaran, semenjak rezim militer berhasil digulingkan pada 1991 lalu.

Negara tersebut kini menuju negara federal yang demokratis sejak digelarnya pemilu secara demokratis pada 1995 lalu untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Masyarakat memilih sebanyak 547 anggota DPR Ethiopia secara langsung, sementara 112 kursi Senat dipilih oleh Dewan Regional Negara.

“Kedatangan kami kemari untuk melihat bagaimana sistem pemilu di Indonesia, administrasi pemilu, komposisi gender, akuntabilitas pemilu, independensi penyelenggara pemilu dan bagaimana pengaturan hukum pemilu di Indonesia,” ujar Merga dalam keterangannya.

Merga berharap lewat kunjungannya kali ini, anggota Bawaslu RI dapat berbagi pengalaman yang bermanfaat bagi kemajuan demokrasi di negara yag lama dilanda perang saudara dan kelaparan itu.

Dalam kunjungannya, Merga didampingi anggota DPR Ethiopiadan The International Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA).

Indonesia merupakan satu dari tiga negara di Asia yang dipilih untuk studi terkait pemilu selain India dan Korea Selatan. (dms/JPG)

Most Popular

To Top