Murad Pilih Hendrik atau Mercy – Ambon Ekspres
Berita Utama

Murad Pilih Hendrik atau Mercy

FOTO : Hendrik Lewerissa, Mercy Chriesty Barends

AMEKS ONLINE, AMBON.––Dari sekian nama yang diperbincangkan sebagai bakal calon wakil gubernur bagi dengan Murad Ismail, ternyata hanya tiga yang menguat. Komandan Korps Brimob itu akan melakukan survei untuk mengetahui popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas mereka.

Ketiga nama itu adalah Mercy Chriesty Barends, John Christian Ruhulessin dan Hendrik Lewerissa. Mercy merupakan mantan anggota DPRD Maluku dua periode dan saat ini menjabat anggota DPR RI. Politisi perempuan itu lolos ke Senayan dengan meraup 65.166 suara hasil pemilihan legislatif 2014.

Sedangkan Ruhulessin, adalah mantan ketua MPH Sinode GPM dan juga tokoh masyarakat Maluku. Sementara Lewerissa, ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Maluku dan mantan bakal calon wakil gubenur Maluku 2013. “Ada beberapa nama yang sudah diperbincangkan. Ada Mercy Barends, John Ruhulessin dan Hendrik Lewerissa. Herman Koedoboen juga masuk. Namun dia sudah jadi calon gubernur (berpasangan dengan Abdullah Vanath),” ungkap  seorang tim Murad yang masih merahasiakan namanya ketika dihubungi Ambon Ekspres, Minggu (4/6).

Dia mengaku, memang terdapat nama lain yang juga diperbincangkan oleh Murad dan tim. Namun, hanya ketiga nama itu yang menguat. Untuk memastikan pilihannya, Murad akan bekerjasama dengan lembaga survei kredibel untuk melakukan survei. ”Kita akan pakai lembaga kredibel untuk menyurvei para cawagub (calon wakil gubernur),” kata dia.

Sumber tidak mejelaskan secara rinci asalan tiga nama itu yang menguat. Tetapi, akui dia, Murad akan mempertimbangkan faktor geo-politik atau kewilayahan, figuritas dan elektoral serta gender. “Gender juga penting, karena data yang kami dapat, sebanyak 50 persen pemilih di Maluku adalah perempuan. Tetapi ditekankan, prinsipnya beliau (Murad Ismail) welcome saja. Yang penting mau bekerja untuk membangun Maluku,” jelas dia.
Akan tetapi, Murad butuh rekomendasi partai untuk meloloskannya sebagai calon Gubernur Maluku 2018. Olehnya itu, selain PDI Perjuangan, mantan Kapolda Maluku itu juga akan mendaftar di PKS dan partai lainnya jika sudah membuka pendaftaran. “Kami juga akan ambil formulir di PKS. Pokoknya semua parpol yang buka pendaftaran, kita ambil semua. Itu arahan pak Murad, sehingga jadi gubernur untuk semua golongan. Kita juga akan mendaftar di Golkar, kalau mereka buka pendaftaran,” ujarnya.

Terkait peluang rekomendasi, dia sangat optimis, Murad akan mendapatkan rekomendasi dari sejumlah partai. “Karena pak Murad merupan Dankor (Komandan Korps) Brimob, sehingga tentu memiliki akses yang luar biasa dengan pimpinan parpol,” tandasnya.

Prev1 of 3

Most Popular

To Top