Bekraf Fokus Jadikan Ambon Kota Musik Dunia – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Bekraf Fokus Jadikan Ambon Kota Musik Dunia

AMEKS ONLINE–Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kian fokus menjadikan Ambon Sebagai Kota Musik Dunia. Hal tersebut disamapaikan Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi, Ari Juliano Gema, pada sosialisasi Ambon Music Office (AMO) di SwissBell Hotel, beberapa hari lalu.

Menurut dia, pada 2019 mendatang, semua infrastruktur pendukung yang dibutuhkan sebagai syarat menjadi Ambon sebagai kota musik dunia, termasuk pendirian sekolah musik, telah tersedia.
Hal tersebut, kata Ari, sebagai jalan panjang dari Bekraf yang akan terus memperjuangkan dan mengfasilitasi Kota Ambon dalam rangka menjadi kota musik dunia.

Terangnya, upaya Bekraf untuk menjadikan Ambon sebagai kota musik dunia tidak lepas dari potensi dan talenta yang dimiliki masyarakat Ambon dibidang musik. “Banyak pemusik Ambon yang telah menjadi legenda, baik ditingkat lokal, nasional maupun international,” ujarnya.
Bukan hanya Kota Ambon, namun masyarakat Maluku pada umumnya memiliki potensi dan talenta dibidang musik. Karena sebagai ibokota provinsi dan pintu masuk ke Maluku, semua potensi dan talenta tersebut ada di Kota Ambon.

Namun, ujarnya, bila potensi tersebut tidak dikembangkan secara baik dan profeional, maka berbagai potensi dan talenta masyarakat dibidang musik tidak akan berkembang.
“Potensi musik yang dimiliki masyarakat Kota Ambon sudah terlihat jelas, karena itu, dukungan untuk menjadikan Ambon sebagai kota musik dunia merupakan tekad kita,” akuinya.
Tapi untuk menjadi kota musik dunia tidak mudah, selain memiliki potensi dan didukung oleh infrastruktur, katanya, ada point penting yang juga harus dihadirkan untuk mendukung upaya tersebut, misalnya, Ambon Music Office (AMO).
“Salah satu point penting membangun Ambon sebagai Kota musik, harus ada institusi yang dapat mendorong upaya itu, misalnya, Ambon Music Office,” sebutnya.

Terkait proses seleksi manager dan pegawai AMO, tambahnya, Bekraf sejak tanggal 31 Juni lalu, telah melakukan seleksi terhadap 100 orang pelamar lebih yang mencalonkan diri sebagai manager dan pegawai.
Untuk itu, dia berharap, dengan kerja keras bersama upaya menjadikan Ambon sebagai kota musik dunia akan tercapai. “Untuk menjadi kota musik dunia, persyaratan bukan hanya bermain musik saja. Tapi bagaimana di kota ini musik dapat memberikan dampak ekonomi,” pungkasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top