60 Hari untuk Gugatan Pattiapon – Ambon Ekspres
Politik

60 Hari untuk Gugatan Pattiapon

AMEKS ONLINE–Sebulan lebih, proses gugatan SK DPP Golkar nomor 906 tahun 2016 tentang penunjukan Elly Toisuta sebagai wakil ketua DPRD Ambon, ditangani Mahkamah Partai Golkar. Namun butuh waktu 60 hari untuk diputuskan, apakah gugatan tersebut akan dikabulkan atau dibatalkan.
Pengadilan Mahkamah Partai Golkar, masih memproses gugatan yang dilayangkan Ketua Fraksi Golkar DPRD Ambon, Max Pattiapon pada 2 Mei 2017 lalu. Untuk membatalkan proses pelantikan Anggota DPRD Ambon, Elly Toisuta sebagai Wakil ketua DPRD Ambon, menggantikan Almarhum Hi. Husen Toisuta.

Selain Mahkamah Partai, sebelumnya gugatan tersebut juga dilayangkan kepada gubernur Maluku dan DPRD kota Ambon untuk membatalkan proses pelantikan Elly Toisuta, yang dijadwalkan pada 3 Mei 2017 bersamaan dengan proses pergantian antar waktu (PAW) Margaretha Siahay sebagai suara terbanyak kedua setelah Almarhum Hi. Husen Toisuta pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014 lalu. Alhasil, pelantikan Elly Toisuta pun berhasil digagalkan Pattiapon.
Kini kurang dari satu bulan, Mahkamah Partai akan menjatuhkan putusan pada awal Juli 2017 nanti. Namun kedua belah pihak mengaku, akan menerima keputusan tersebut dengan bijak. Tanpa melakukan banding atau gugatan lanjutan.

“Batas waktu 60 hari sejak dimasukan perkaranya. Dan ini merupakan langkah saya untuk mencari kebenaran dalam organisasi partai. Jadi kita tunggu saja apa keputusan mahkamah partai nantinya,” tandas Max Pattiapon, kepada Ambon Ekspres di Balai Rakyat DPRD Ambon, Selasa (6/6).
Anggota Komisi III DPRD Ambon ini mengaku, dalam kepengurusan Golkar, tentu memiliki aturan untuk memberikan ruang dalam persoalan gugatan ke mahkamah partai berupa upaya banding atau gugatan lanjutan ke pengadilan negeri.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!