BI Siapkan Rp 200 Miliar Tunai – Ambon Ekspres
Berita Utama

BI Siapkan Rp 200 Miliar Tunai

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.––Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menyiapkan uang pecahan sebanyak Rp 200 miliar untuk kebutuhan selama ramadhan dan lebaran tahun ini. Uang tersebut disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang berbagai pecahan. “Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil selama Ramadhan dan Lebaran 2017 ini, BI menyiapkan dana sebesar Rp 200 miliar. Terdiri dari uang kertas rupiah baru emisi tahun 2016 dengan pecahan mulai dari Rp 1000 hingga Rp 100.000,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku, Bambang Pramasudi kepada koran ini, Selasa (6/6).

Dia menyatakan, uang pecahan kecil memang cukup terbatas. Namun dia yakin jumlah yang disiapkan bisa mencukupi karena biasanya realisasi penukaran uang berada di bawah proyeksi perbankan. “Pemenuhan uang kecil kemungkinan belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat. Tapi secara jumlah, masyarakat tidak usah khawatir. Pasti bisa mendapat rupiah yang dibutuhkan jelang lebaran,” ujarnya.

Dia menambahkan, pecahan uang yang disiapkan tidak semuanya uang baru tahun emisi 2016. Pelayanan penukaran juga bukan hanya pada kas keliling BI. Ada 15 bank yang beroperasi di daerah ini juga bisa melayani. “Untuk sementara ini, kas keliling hanya beroperasi setiap hari Kamis di kawasan Ambon Plaza. Jika masyarakat ingin menukar juga bisa di 15 bank yang ada di daerah ini sesuai dengan jadwal pelayanan dari masing-masing bank,” jelasnya.

Sebelumnya, Bambang juga menghimbau agar masyarakat menukarkan uang baru untuk persiapan lebaran di tempat resmi guna menghindari peredaran uang palsu. “Untuk menghindari uang palsu, kami sangat tidak merekomendasikan menukar uang baru  selain pada kas keliling dan perbankan,” imbaunya.

Terpisah, salah satu warga Kota Ambon, Lia Soumokil mengungkapkan, selama momen hari raya keagamaan selalu pelayanan penukaran uang kecil baik di Amplas atau di bank. “Itu sangat membantu kita untuk dapat uang pecahan kecil. Hanya saja kadang kas keliling juga mempunyai stok yang terbatas. Namun sepanjang pelayanan dilakukan dapat memenuhi kebutuhan kita,” ungkapnya.

Dirinya berharap, jika uang pecahan kecil yang disiapkan merupakan uang edisi terbaru, tentu sangat banyak peminatnya. “Karena belum banyak orang yang memiliki. Misalnya, di ATM juga belum ada. Kalau ada penukaran uang dan semuanya uang edisi baru tentu masyarakat banyak menukar. Sehingga diharapkan BI dapat memenuhi kebutuhan masyarakat nantinya,” harapnya.(IWU)

Most Popular

To Top