Labuang Timur Terendam Banjir – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Labuang Timur Terendam Banjir

AMEKS ONLINE–Puluhan rumah warga di Dusun Labuang Timur, Desa Luhutubang, Kecamatan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) terendam banjir. Banjir diakibatkan hujan lebat, Minggu (4/6).
“Kejadiannya pada Minggu 4 Juni kemarin, hujan yang begitu kuat, sehingga air meluap ke permukiman warga, karena talud yang dikerjakan hanya baru sebagian. Perstiwa ini membuat warga panik. Namun, beruntung terjadi di waktu siang, sehingga tidak ada kerusakan rumah maupun korban jiwa,” ujar tokoh masyarakat Labuang Timur, Arif Pamana kepada Ambon Ekspres, Selasa (6/6).

Arif mengatakan, talud yang dibangun pada tahun 2014, baru selesai 400 meter sehingga tidak bisa melindungi rumah warga secara keseluruhan kala banjir. Perlu penambahan talud.
“Saya kira harus ada penambahan talud sekitar 200 meter, itu baru bisa dikatakan aman. Kalau tidak, maka setiap kali hujan, pasti terjadi hal yang sama seperti sekarang ini,” katanya.
Saat ini, kata dia, tanah di bantaran sungai yang belum ditalud, terkisis oleh banjir. Pengikisan ini mengarah ke lokasi masjid dan perumahan warga di sekitar sungai. Jika tidak segera diatasi, akan berdampak lebih dari banjir sekarang.

Warga setempat membuat penyangga sementara pengganti talud di tempat pengikisan menuju arah Masjid. Namun tidak bertahan lama dan akan dirusaki oleh banjir.
Olehnya itu, masyarakat sangat berharap perhatian serius dari dari pemerintah daerah, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten untuk memperhatikan masalah tersebut, paling tidak membangun palud penahan banjir di bantaran sungai.
“Ini penting, karena sewaktu-waktu sungai akan meluap dan masuk ke rumah warga ketika hujan besar. Untuk itu, perlu ada perhatian dari BPBD dan pemerintah kabupaten untuk melihat persoalan ini,” tegasnya. (WHB)

Most Popular

To Top