Indonesia Siap Bantu Upaya Rekonsiliasi Krisis Diplomatik Qatar – Ambon Ekspres
Internasional

Indonesia Siap Bantu Upaya Rekonsiliasi Krisis Diplomatik Qatar

AMEKS ONLINE–Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno LP Marsudi menghubungi para menlu yang terlibat dalam krisis diplomatik di Qatar. Setelah berbicara lewat telefon dengan Menlu Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Turki dan Iran, kini diplomat kelahiran Semarang, Jawa Tengah, itu sudah mendapat gambaran permasalahannya.

Berdasarkan hal tersebut, Retno menyatakan, Indonesia siap berkontribusi dalam upaya rekonsiliasi krisis diplomatik antara Qatar dan sejumlah negara di Timur Tengah.

“Saya membahas dengan para Menlu Timur Tengah mengenai perkembangan kawasan dan menyampaikan pandangan serta kesiapan Indonesia untuk berkontribusi,” ujarnya dalam siaran pers Kemlu RI, Rabu (7/6/2017).
Lebih lanjut dia menekankan pentingnya agar negara-negara di Timur Tengah menahan diri dan mengambil langkah yang dapat mengurangi ketegangan. Mantan Dubes RI untuk Belanda itu berharap negara-negara yang secara langsung terlibat dalam ketegangan ini bisa mengedepankan dialog dan rekonsiliasi.

Ia percaya dialog dan semangat rekonsiliasi itu mampu menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.
Menlu Retno sejatinya sedang dalam kunjungan dinas ke Nigeria pada 3-6 Juni. Mendengar ada persoalan di Qatar, dia pun memutuskan mampir ke negara di Teluk Arab tersebut.
Di sana dia menemui Duta Besar Indonesia di Doha Marsekal Madya TNI (Purn) Muhamad Basri Sidehabi, sekaligus menengok diaspora Indonesia. Menlu Retno bersyukur para WNI di Doha dalam keadaan baik dan aman.

Qatar sedang mengalami krisis diplomatik. Mendadak, Arab Saudi mengumumkan pemutusan hubungan dengan negara Emir tersebut. Tak sampai 24 jam, Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir, Yaman, Maladewa dan Libya juga ikut memusuhinya.
Mereka menuding Qatar mendukung terorisme, khususnya memiliki kedekatan dengan kelompok Ikhwanul Muslimin. Kelompok teroris yang sudah berdiri selama 100 tahun dan dicap sebagai musuh besar Saudi dan Uni Emirat Arab. (NET)

Most Popular

To Top