Anak Buah Terjaring OTT KPK, Jaksa Agung Pantas Dicopot – Ambon Ekspres
Hukum

Anak Buah Terjaring OTT KPK, Jaksa Agung Pantas Dicopot

AMEKS ONLINE, BENGKULU – KPK tangkap jaksa di Kejati Bengkulu. Jaksa berinisial HN itu terjaring operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan tim Satgas Penindakan KPK, Jumat (9/6) dini hari.

“Ya betul (ada OTT di Bengkulu),” kata sumber internal KPK kepada JawaPos.com di Jakarta Jumat (9/6) pagi.

Namun, ketika ditanya lebih lanjut mengenai motif dugaan suap menyuap yang dilakukan oknum aparatur korps adhyaksa bersama pihak penyuapnya, sumber tersebut belum memberikan penjelasan secara detail. Pasalnya tim Satgas Penindakan masih melakukan kegiatan di wilayah tersebut. “Tim masih kerja,” imbuh sumber tersebut.

Namun sumber lainnya mengatakan jika penangkapan ini terkait pengamanan penyelidikan sebuah kasus dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan pihak Kejati Bengkulu. “Iya, kasus lid (penyelidikan) di Pidsus,” katanya.

Saat ini, HN, PP dan beberapa pihak lain yang diduga menyuapnya, tengah menjalani pemeriksaan oleh tim penindakan KPK di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Polda Bengkulu.

Pemeriksaan awal ini dilakukan untuk mengkonfirmasi dugaan tindak pidana yang dilakukan oknum jaksa tersebut bersama pihak penyuapnya. Selanjutnya, usai dilakukan pemeriksaan sementara, para pihak ini akan digelandang ke markas KPK di Jakarta.

Menanggapi adanya penangkapan oknum jaksa nakal tersebut, Koordinator Lembaga Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) Boyamin Saiman mengaku kecewa, karena lagi-lagi jaksa tertangkap tangan melakukan tindak pidana korupsi.

“Artinya memang Kejaksaan Agung belum mampu melakukan reformasi diri,” ujar Boyamin, Jumat (9/6).

Dengan adanya peristiwa ini, Boyamin meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kepada Jaksa Agung HM Prasetyo. Jaksa Agung dinilai telah gagal melakukan revolusi mental terhadap para jaksa-jaksa.

“Prasetyo tidak mampu membuat lebih baik dan telah gagal. Jalan satu-satunya ya dicopot,” katanya. (Fajar/jpg/pojoksatu)

Most Popular

To Top