Assagaff: Keselamatan Manusia Diutamakan – Ambon Ekspres
Metro Manise

Assagaff: Keselamatan Manusia Diutamakan

AMEKS ONLINE– Cuaca buruk diperkirakan akan masih berlangsung hingga akhir bulan ini di Maluku. Sementara arus mudik kian dekat. Gubernur Said Assagaff meminta anak buahnya di Dinas Perhubungan memperketat pengawasan terhadap moda transportasi terutama laut. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika merilis perairan laut di sekitar Maluku masih tinggi.
“Saya tidak mau ada gelombang tinggi, ombak, cuaca buruk lalu kapal keluar. Apapun alasannya, jangan ada kapal berukuran kecil berlayar atau keluar dari pelabuhan saat cuaca tidak bersahabat,” kata Assagaff, kepada wartawan akhir pekan kemarin. Maluku yang berkepulauan menjadi alasan pemerintah memperketat pengawasan di pelabuhan.

Pemerintah, kata Assagaff, lebih mengutamakan keselamatan manusia. Mereka selamat dapat merayakan Idul Fitri maupun setelah Idul Fitri dalam kondisi yang aman. “Dinas Perhubungan sudah saya perintahkan itu, termasuk koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Jangan kita lalai, yang mengakibatkan dampak buruk bagi kita semua, saya tidak mau itu terjadi,” tandasnya.

Tak hanya untuk transportasi laut, transportasi darat juga perlu diawasi secara ketat juga. Terutama bus-bus yang melintasi pulau Seram. “Periksa komponen kendaraan, kalau ban botak ganti. Begitu pula lampu dan rem, periksa, kalau temukan minta segara perbaiki dan ganti sehingga baik. Kalau tidak mau jangan diijinkan pergi, bila perlu cabut ijinnya,”tegas mantan Sekda Maluku ini.

Untuk memastikan hal tersebut sebelum memasuki arus mudik lebaran idul fitri, dia akan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh intansi terkait. “Saya akan segera bertemu dengan Dinas Perhubungan dan pihak terkait. Kita bicarakan itu. Utamakan keselamatan masyarakat kita,”kunci dia.(AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!