Calon Menhan Pernah Bertempur dengan Korut – Ambon Ekspres
Internasional

Calon Menhan Pernah Bertempur dengan Korut

AMEKS ONLINE–Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengajukan lima nama menteri baru untuk mengisi jajaran kabinet pemerintahan. Tiga nama di antaranya diajukan untuk mengisis posisi wakil perdana menteri, menteri pendidikan, dan menteri pertahanan (menhan).

Pria berusia 64 tahun itu mengusulkan nama Kim Sang-kon sebagai menteri pendidikan merangkap wakil perdana menteri. Sementara untuk posisi menteri pertahanan, Moon mengajukan nama Laksamana (purn.) Song Young-moo yang dianggap mampu menangkal ancaman rudal balistik Korea Utara (Korut).
“Calon Menteri Pertahanan Song adalah orang terbaik yang menjadi ujung tombak reformasi militer jangka panjang, memastikan pembangunan seimbang dari tiga angkatan bersenjata, dan meningkatkan pertahanan negara terhadap ancaman nuklir dan rudal Korut,” ujar juru bicara Istana Kepresidenan Korsel, Park Soo-hyun, mengutip dari Yonhap, Minggu (11/6/2017).

Tiga nama lain yang diajukan Presiden Moon adalah Ahn Kyong-whan sebagai menteri kehakiman, Kim Eun-kyung untuk posisi menteri lingkungan hidup, dan Cho Dae-yop untuk mengisi jabatan menteri ketenagakerjaan. Meski begitu, nama-nama tersebut masih harus mendapatkan persetujuan parlemen sebelum mengisi posisi di kabinet.
Song Young-moo diketahui sebagai penasihat keamanan utama bagi Moon Jae-in saat berkampanye untuk pemilihan presiden 2012 dan 2017.

Pria yang mengabdi di Angkatan Laut Korsel selama 30 tahun itu pernah terlibat pertempuran di lepas pantai dengan Angkatan Laut Korut pada 2009.
Diwartakan Reuters, pencalonan Song sendiri sebetulnya tidak memerlukan pengesahan parlemen. Namun, ia tetap diwajibkan hadir dalam persidangan serta menjawab pertanyaan dari legislator karena pernah terlibat skandal pemalsuan informasi tempat tinggal di masa lalu. (NET)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!