MTs Ulupaha Namasula Sangat Kumuh – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

MTs Ulupaha Namasula Sangat Kumuh

AMEKS ONLINE–Kondisi sekolah Madrasah Tsnawiyah dusun Suhuputih, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, sangat memprihatinkan dan tidak layak untuk proses belajar  mengajar.

Sekolah dibawa naungan Kementerian Agama tersebut tak ubahnya kandang hewan. Betapa tidak, sekolah tersebut sama sekali belum tersentuh bantuan pemerintah baik Kemendiknas maupun Kemenag. Hal itu, membuka potret lemahnya intervensi pemerintah dibidang pendidikan.

Terbukti dengan fisik bangunan yang masih menggunakan papan beratap rumbia. Demikian fasilitas belajar mengajar di madrasah tersebut pun tidak memadai.
“Ada 4 ruang, tiga untuk belajar mengajar, 1 untuk ruang kantor, fisiknya tidak memadai untuk kegiatan belajar mengajar,” kata Sufia Lewenussa, salah satu pemerhati pendidikan di kecamatan setempat.

Lebih lanjut, meja kursi, white board dan media belajar lainnya pun tidak layak. Demikian kondisi atas bangunan, yang sewaktu-waktu bisa roboh. “Ini sangat membahayakan para siswa dan guru,” ujarnya.
Atas kondisi tersebut kata Sufia sudah berapa kali disampaikan kepada anggota dewan, khususnya dari daerah pemilihan Tehoru, Telutih dan Banda, namun tidak pernah terealisasi.

Demikian kepada Kementrian Agama. Dia berharap pemerintah lewat Dinas Pendidikan, maupun Kementrian Agama Kabupaten Malteng, sedianya membijaki sarana prasarana Madrasah Tsanawiyah Namsula. “Demi pendidikan generasi di Kecamatan Tehoru,” pungkasnya.(ANC)

Most Popular

To Top