Yoltuwu Ingin Membangun Dari Desa

by

Di Maluku, lanjut Yoltuwu, terdapat sekian desa telah masuk kategori berkembang dan mandiri. Mandiri ditandai dengan sarana pra sarana yang baik, pendidikan, kesehatan, jalan, lisrik pedesaan dan beberapa kriteria lainnya.
Untuk mencapai status sebagai desa mandiri, kata dia, perlu ada terobosan melalui pemberdayaan masyarakat desa. “Semua wilayah di Maluku memiliki kekayaan alam. Beberapa kawasan kita bisa menjadi lumbung pangan, lumbung peternakan dan perikanan. Kalau kita bisa bersatu paduh dalam desain pembangunan desa, maka dalam waktu yang relatif cepat kita akan punya branding lokal di Maluku yang berkarakter. Apakah itu ukiran, makanan, souvenir, minuman dan lain-lain,”papar dia lagi.

Hal lain juga ingin ia lakukan, adalah reformasi birokrasi, investasi berbasis potensi alam dan menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing melalui klaster pendidikan. Terkait investasi berbasis SDA, menurut dia bisa mempercepat pengentasan kemiskinan.
“Karena kami punya data mengenai penguatan daerah-daeeah tertinggal, yang menurut kami dari aspek tambang. Daerah yang memiliki tambang bisa cepat dientaskan, karena ada kontribusi deviden dan lain-lain dari tambang untuk pemberdayaan masyarakat,”jelas dia. (TAB)

 

3 of 3Next