Jokowi: Negara Harus Hadir Menyejahterakan Petani – Ambon Ekspres
Ekonomi

Jokowi: Negara Harus Hadir Menyejahterakan Petani

Petani di sawah. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

AMEKS ONLINE, JAKARTA – Ketahanan dan kedaulatan pangan merupakan hal yang penting bagi bangsa Indonesia.

Saat ini, selain memastikan ketersediaan pangan yang berkualitas untuk masyarakat, negara juga harus menyejahterakan para petani.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas untuk membicarakan langkah-langkah memperkuat Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam ketahanan pangan nasional.

Jokowi menyatakan diperlukan kehadiran Negara untuk memastikan agar rakyat yang menjadi konsumen tidak menghadapi kesulitan dalam mendapatkan bahan pangan dan bisa dibeli dengan terjangkau.

“Negara juga harus hadir memastikan para petani sebagai produsen bisa semakin produktif, semakin sejahtera, karena mendapatkan harga komoditas yang wajar dan adil,” ujar Jokowi.

Karenanya, tambah mantan wali kota Surakarta ini, diperlukan kehadiran negara untuk memastikan agar rakyat menjadi konsumen dan tidak menghadapi kesulitan dalam mendapatkan bahan pangan, dan bisa membeli dengan harga terjangkau.

Di sisi lain, para petani sebagai produsen harus dipastikan bisa semakin produktif, sejahtera karena mendapatkan harga komoditas yang wajar dan adil.

“Negara juga perlu hadir agar jalur distribusi komoditas pangan bisa lancar dan rantai perdagangan tidak terlalu panjang,” pungkasnya.(fat/jpnn)

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top