Para Kandidat Mencari Popularitas – Ambon Ekspres
Berita Utama

Para Kandidat Mencari Popularitas

Tobhyhend Sahureka

Terkait Pilgub Maluku

AMEKS ONLINE, AMBON.––Beberapa bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang mendaftar di PDI Perjuangan, mulai mensosialisasikan diri. Selain menunjukkan keseriusan di PDIP, mereka juga ingin mendapatkan popularitas yang akan diuji lewat survei.

Bakal calon gubernur yang juga melakukan sosialisasi adalah Komarudin Watubun. Anggota DPR RI Fraksi PDIP telah melakukan pertemuan dan sosialisasi dengan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ambon dan Pengurus Anak Cabang (PAC), Jumat (9/6). Kemudian di DPC PDIP Maluku Tengah, Sabtu (10/6).

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur Maluku DPD PDIP Maluku, Tobhyhend Sahureka mengatakan, bakal calon gubernur lain juga telah menjadwalkan sosialisasi yakni Tagop Sudarsono Soulisa, Herman Adrian Koedoboen dan Johozua Max Yoltuwu serta Barnabas Nathaniel Orno. Herman lakukan sosialisasi di Kota Ambon, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Kota Tual, Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru.

Sedangkan Yoltuwu di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Tengah (Malteng), Orno di Malteng, SBB, Ambon, Aru, Kota Tual, Maluku Tenggara dan MTB. Balon gubernur lainnya yang belum menjadwalkan sosialisasi yakni Said Assagaff, Bitzael Temmar dan Murad Ismail. “Kalau pak Tagop selesai lebaran baru lakukan sosialisasi. Sedangkan bakal calon lainnya, kita masih tunggu konfirmasi dari mereka,” ungkap Sahureka saat dihubungi Ambon Ekspres via seluler, Selasa (13/6).

Sementara, bakal calon wakil gubernur  baru Abdullah Vanath yang telah menjadwalkan sosalisasi. Vanath merencanakan sosialisasi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT) dan Maluku Tengah.  Sahureka melanjutkan, tahapan sosialisasi diperpanjang hingga Juli, bergeser dari jadwal yang ditetapkan yakni akhir Juni. Hal ini dikarenakan kondisi alam yang tidak mendukung para kandidat untuk menuntaskan sosialisasi di semua kabupaten/kota. “Sosialisasi sampai akhir Juni. Tetapi, karema kendala cuaca, maka sosialisasi kita perpanjang sampai satu minggu pertama bulan Juli,” jelas dia.

Selama sosalisasi, para bakal calon diharapkan bisa menyampaikan gambaran umum mengenai visi dan misi mereka agar diketahui oleh struktur PDIP. Selain itu, sosoalisasi ini juga bertujuan untuk memperkenalkan diri di masyarakat, sebab PDIP akan menggandneg lembaga kredibel untuk menyurvei tingkat keterkenalan (popularitas), kesukaan (akseptabilitas) dan keterpilihan (elektabilitas). “Sosialisasi penting dilakukan, agar masyarakat mengetahui siapa-siapa saja yang mendaftar sebagai gubernur dan wakil gubernur, siapa-siapa saja yang berkompetisi. Nah, tinggal masyarakat akan menilai dan menentukan keputusan politiknya,” papar mantan anggota DPRD Provinsi Maluku itu.

Disinggung soal penentuan daerah sosialisasi, Sahureka menyatakan, itu merupakan kewenangan DPC. Sedangkan sosialisasi ke masyarakat dintentukan oleh bakal calon.

YAKIN DAPAT DUKUNGAN
Sementara itu, Nahwan Matdoan menjelaskan, Herman memang memulai dari Kota Ambon dan melanjutkan ke wilayah Tenggara yang meliputi Kota Tual, MBD, MTB, Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru. Setelah itu bergerak ke wilayah Pulau Seram. “Rencananya dalam minggu ini pak Herman sudah mulai sosialisasi. Soal penentuan lokasi, ini kan konteksnya DPC sehingga tidak ada perlakuan khusus DPC mana yang duluan,” jelas tim Herman Koedeoboen itu.

Terlepas dari agenda DPC, lanjut Nahwan, Herman juga akan melakukan pertemuan dengan tokoh dan jejaringnya di akar rumput. Baik tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda maupun simpul-simpul PDIP secara personal serta kader. “Jadi, kita sekali jalan. Ini merupakan agenda eksternal. Para kader PDIP di DPC juga akan ikut dalam agenda eksternal ini. Mereka ikut secara secara personal, bukan atas nama partai,” tandas dia.

Melalui sosialisasi, Nahwan berharap hubungan baik antara Herman dan kader partai semakin menguat. Sebab, Herman adalah juga kader PDIP. Olehnya itu, dia juga berharap Herman mendapat sambutan positif dari kader PDIP dan elektabilitasnya terus meningkat. ”Pak Herman bukan orang asing di PDIP. Harapannya, semoga terjalin lagi chemistry dan komunikasi yang baik, sehingga elektabilitas bisa maksimal saat survei,” tukasnya.(TAB)

Most Popular

To Top