Tembok Lapas Jebol Dihajar Banjir, Napi Banyak Kabur, Koruptor Diem – Ambon Ekspres
Daerah

Tembok Lapas Jebol Dihajar Banjir, Napi Banyak Kabur, Koruptor Diem

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, JAMBI. – Hujan lebat yang mengguyur Kota Jambi, Selasa (13/6) malam sekitar pukul 19.30 WIB hingga Rabu (14/6) dini hari  membuat sejumlah wilayah di Kota Jambi, terendam banjir.

Salah satunya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi. Ketinggian air mencapai dada orang dewasa. Akibatnya, tembok sepanjang 70 meter jebol karena tidak mampu menahan tekanan air yang meluap dari kali yang melintas di dalam Lapas.

Kondisi ini ternyata dimanfaatkan oleh puluhan warga binaan dari dalam Lapas yang berlokasi di Jalan Pattimura, Kota Jambi, ini kabur.

Kakanwil Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara, saat dikonfirmasi di Lapas Jambi, menyebutkan, data sementara diperoleh pihaknya ada 17 orang yang berhasil dibekuk, 2 menyerahkan diri.

“Yang tidak kembali ke Lapas di dua blok ada  32 orang,” ujar Bambang Palasara.

Narapidana yang kabur dari berbagai kasus. Kecuali kasus tindak pidana korupsi. Mereka berasal dari berbagai blok. Namun, yang paling banyak dari blok C dan B.

Upaya perbaikan ada dua sesi, darurat dan permanen. Darurat akan dilakukan ornamen menggunakan seng yang akan dikerjakan anggota Zeni Korem 042/Gapu. Diprediksi akan selesai 6 hari.

Sementara itu, sembari menunggu proses pembangunan secara darurat, proses pembangunan permanen berjalan dengan mengajukan Dipa tanggap daerurat ke Kementerian Hukum dan Ham.

“Selama proses darurat ini belum selesai, akan pengamanan pagar betis dari TNI dan Brimob,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto, menyebutkan, setelah mendapatkan informasi tembok Lapas jebol, dirinya langsung mengerahkan personel untuk melakukan pengamanan.

“Dari kepolisian ada 4 SSK dan dibantu TNI 1 SSK,” ujar Brigjen Pol Priyo Widyanto.

Menurutnya, dari pihaknya sendiri dan TNI berhasil meringkus 17 Napi yang melarikan diri dari Lapas. Mereka ditangkap saat berada di sekitaran Lapas.

Sementara itu, seorang Narapidana bernama Alfin yang sempat kabur berhasil dibekuk disamping Lapas. Narapidana dengan kasus narkoba dan divonis 14 tahun penjara ini mengaku kabur karena diajak rekannya.

“Kabur diajakan kawan,” singkat Alfin yang langsung dibawa petugas masuk ke dalam Lapas. (pds/nas)

Most Popular

To Top