Begini Abu Bakr Al-Baghdadi Terbunuh, Masih Meragukan? – Ambon Ekspres
Internasional

Begini Abu Bakr Al-Baghdadi Terbunuh, Masih Meragukan?

Abu Bakr Al Baghdadi

AMEKS ONLINE. – Klaim Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Jumat yang menyebutkan, bahwa pihaknya telah memeriksa kebenaran informasi yang mengindikasikan bahwa pemimpin negara Islam Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan tewas dalam serangan udara yang dipimpin Rusia di Suriah.

Pesawat Su-34 Rusia dan sebuah pesawat multirole Su-35 melakukan serangan udara di dekat markas besar Negara Islam (IS, sebelumnya ISIS / ISIL) di Suriah utara pada tanggal 28 Mei, kata kementerian tersebut. Serangan tersebut menargetkan sebuah pertemuan kepala negara Islam tingkat tinggi di mana dilaporkan di situ juga terdapat al-Baghdadi.

Pertemuan itu membahas rencana “rute militan keluar dari Raqqa melalui ‘koridor selatan’,” dalam pernyataan itu.

“Setelah memeriksa semua informasi, pemimpin IS Ibrahim Abu Bakr al-Baghdadi dibenarkan juga hadir dalam pertemuan tersebut dan terbunuh akibat serangan tersebut,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Di antara mereka yang terbunuh dalam serangan tersebut adalah Emir Raqqa Abu al-Haji al-Masri, Emir Ibrahim al-Naef al-Hajj, “Orang mengendalikan distrik tersebut dari kota Raqqa ke pemukiman es-Sohne dan kepala Keamanan IS Suleiman al-Sawah,” tambah pernyataan kementerian tersebut dilansir RT.

Moskow juga telah memberi informasi kepada Amerika tentang tempat dan waktu serangan udara tersebut.

Meski demikian, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa dia tidak dapat sepenuhnya mengkonfirmasi kematian pemimpin IS tersebut.

“Saya tidak mendapat konfirmasi 100 persen mengenai kematian Abu Bakr al-Baghdadi,” katanya pada sebuah konferensi pers pada hari Jumat.

Koalisi negara anti-Islam pimpinan AS mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengkonfirmasi informasi bahwa Baghdadi terbunuh dalam serangan udara yang dipimpin Rusia.

“Kami tidak dapat mengkonfirmasi laporan ini saat ini,” Kolonel Ryan Dillon, juru bicara Gabungan Tugas Gabungan – Operasi Inheren Resolve (CJTFOIR), mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada AP.

Meskipun banyak laporan media telah berspekulasi mengenai kematian al-Baghdadi, baik Pentagon, maupun militer Irak atau Suriah belum pernah mengkonfirmasi klaim tersebut. (RT/sms/pojoksatu)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!