Rentanubun Diantara Dua Pilihan Assagaff – Ambon Ekspres
Berita Utama

Rentanubun Diantara Dua Pilihan Assagaff

Rentanubun Diantara Dua Pilihan Assagaff

AMEKS ONLINE, AMBON.––Bakal calon gubernur petahana Said Assagaff selama ini masih merahasiakan siapa bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya. Namun teka-teki siapa sosok yang bakal dipilihnya itu sudah mengerucut kepada dua orang. Salah satunya, Anderias Rentanubun.

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan, Said Assagaff  menyatakan masih berproses untuk menentukan bakal calon wakil yang akan berpasangan dengan dirinya di pilgub Maluku 2018. Untuk memastikan pasangannya, Assagaff menandaskan akan disampaikan pada November mendatang.

Dalam survei yang dilakukan timnya, Assagaff mengaku, ada 4 orang kandidat kuat yang akan diambil sebagai wakil. Namun kali ini sudah mengerucut kepada 2 orang.

Salah satu bakal calon wakil gubernur yang dibidik tim Assagaff adalah Bupati Maluku Tenggara (Malra), Anderias Rentanubun. Hal ini diungkapkan langsung Gubernur Maluku itu saat menjadi keynote speaker dalam acara Workshop Pengelolaan Dana Desa bagi Kepala Ohoi se-Kabupaten Malra di Langgur, Jumat (16/6).

Nama Rentanubun bahkan disebut secara resmi dihadapan ratusan kepala ohoi (desa), pimpinan SKPD lingkup Provinsi Maluku dan pimpinan SKPD Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). “Pak Bupati untuk calon wakil Gubernur Maluku dan yang satunya lagi tidak etis saya sebut, karena tidak hadir disini. Karena itu saya minta pak Bupati Andre ikut mendaftar di PDI Perjuangan,” ucap Assagaff.

Menurut Assagaff, memilih Rentanubun sangat beralasan. Karena Bupati Malra dua periode itu merupakan bupati berprestasi di Maluku. Dan dari hasil survei menunjukan hasil memuaskan. “Tim survei yang melaporkan kepada saya, pak Bupati Malra juga masuk rating teratas. Saya sudah banyak bicara dan tadi dalam perjalanan mobil saya sudah bicara banyak. Tapi tidak etis saya sampaikan,” tuturnya.

Kendati demikian, mantan Wakil Gubernur Maluku itu mengaku, sebagai pimpinan partai politik tentunya akan tunduk pada keputusan partai. Dia belum bisa memutuskan sendiri wakilnya karena harus menunggu putusan partai. Prinsipnya, dia sendiri telah melirik dua figur calon wakil. Dan apabila dikembalikan keputusan, dia akan memilih salah satu.

Sementara itu menjawab wartawan, Assagaff menegaskan kembali, dari hasil penilaian hingga kini tersisa dua pilihan. Dan Rentanubun salah satu yang masuk survei tinggi. “Saya sudah suruh pak Andre, kalau partai Golkar dan PDI Perjuangan buka pendaftaran, silakan ikut. Saya kira kedua partai ini cukup nasionalis,” jawabnya.

Untuk mengetahui sejauh mana tingkat elektabilitas, Assagaff mengaku akan menggunakan 3 lembaga survei. “Saya sudah 50 persen terbuka bagi publik, soal siapa yang berpasangan itu rahasia. Pastinya satu bulan lalu, terdapat tiga cawagub, kini sisa dua. Kita tunggu saja,” tandasnya.

Sementara itu, kedatangan Assagaff dan rombongan Pemprov Maluku disambut ucapan selamat datang sekaligus spanduk dukungan masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Malra untuk Assagaff dan Rentanubun berpasangan pada Pilgub Maluku.

Dari dalam kegiatan workshop seluruh kepala ohoi menyatakan kesiapan mendukung dan memenangkan pasangan Assagaff dan Rentanubun. “Kita minta pak Said (sapaan Said Assagaff) lebih jelas, sehingga kita juga kerja jelas dilapangan. Mau berpasangan tidak dengan Bupati Maluku Tenggara, kami semua mau kejelasan sikap bapak. Kalau ada Bupati beprestasi seperti pak Andre, buat apa pilih yang lain,” tandas salah satu kepada ohoi.(SAT)

Most Popular

To Top