Panca Karya Fasilitasi Mudik Gratis – Ambon Ekspres
Berita Utama

Panca Karya Fasilitasi Mudik Gratis

AMEKS ONLINE, AMBON.–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan menyediakan fasilitas mudik gratis kepada masyarakat yang hendak bepergian ke Pulau Seram. Mudik gratis ini akan menggunakan fasilitas milik Pemprov Maluku yang dikelola Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya.

Berdasarkan hasil rapat kordinasi dengan pihak terkait di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (20/6) maka telah diputuskan mudik gratis ini akan dilaksanakan pada Jumat (23/6) dan Sabtu (24/6). Dan bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis ini bisa mendaftarkan diri ke PD Panca Karya di Jalan Dr Setia Budi pada Kamis (22/6).

Direktur Utama PD Panca Karya, Ir Muh Afras Pattisahusiwa dalam rilisnya kepada Ambon Ekspres menjelaskan, mudik gratis ini tidak hanya kepada masyarakat yang hendak bepergian ke Pulau Seram, namun juga kepada masyarakat yang hendak menuju ke Pulau Haruku. Sebab, ada dua armada kapal penyeberangan ferry yang dikelola PD Panca Karya yakni KMP Tanjung Koako dengan rute dermaga Hunimua-Waipirit serta KMP Teluk Ambon dengan rute dermaga Waai – Kailolo.

Menurut dia, pihaknya akan memfasilitasi para pemudik yang hendak berangkat dari Kota Ambon dengan tujuan penyeberangan ke Pulau Seram dan Pulau Haruku. Untuk bisa bergabung dalam mudik gratis ini, kata dia, pemudik bisa mendaftarkan diri dengan membawa kartu identitas yang dimiliki. ‘’Silakan daftarkan diri untuk ikut mudik gratis dengan fasilitas yang dimiliki PD Panca Karya. Pemudik akan diberangkatkan gratis dari Gong Perdamaian Dunia ke Dermaga Hunimua bagi yang hendak ke Pulau Seram atau ke Dermaga Waai bagi yang hendak ke Pulau Haruku,’’ terangnya.

Ditambahkan, pihaknya hanya akan membantu penyeberangan pemudik dengan KMP Tanjung Koako dan KMP Teluk Ambon. ‘’Jadi keberangkatan pemudik akan difasilitasi PD Panca Karya dengan angkutan Bus Trans Amboina sampai ke Dermaga Hunimua dan Dermaga Waai. Untuk informasi lebih lengkap bisa didapat saat mendaftar,’’ pungkas dia.

Sebelumnya, Kabag Humas Setda Maluku, Bobby Palapia mengatakan, mudik gratis dilakukan guna mengantisipasi lonjakan penumpang jelang Hari Raya Idul Fitri. ‘’Pemerintah akan memfasilitasi mudik gratis bagi masyarakat yang hendak menyeberang ke Pulau Seram dan Pulau Haruku. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kelonjakan pemudik di H – 3 dan H – 2 Idul Fitri,” jelas Palapia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frans Papilaya yang dikonfirmasi koran ini membenarkan rencana program mudik gratis itu. “Memang pemerintah provinsi akan melaksanakan kegiatan mudik gratis. Dan itu kita lakukan untuk masyarakat tujuan Pulau Seram. Tetapi rute mana saja, itu belum bisa kami sampaikan. Karena masih menunggu hasil rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait lagi,” kata Papilaya.

Mantan Penjabat Walikota Ambon ini memastikan, saat ini pihaknya bersama PD Panca Karya dan pemerintah provinsi telah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk pelaksanaan mudik gratis itu. “Berapa jumlah armada darat yang kita kerahkan untuk mudik gratis, belum bisa diputuskan. Tetapi dari segi kesiapan memang kami siap. Ada angkutan darat berupa bis kemudian feri yang melayari rute Hunimua-Wapirit, terutama feri milik PD Panca Karya. Nanti setelah kita putuskan baru disampaikan,” kuncinya.(KIE/AHA)

Most Popular

To Top