Hilal Sudah Terlihat di Dua Tempat! – Ambon Ekspres
Nasional

Hilal Sudah Terlihat di Dua Tempat!

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri 2017 atau 1 Syawal 1438 H hampir pasti jatuh pada hari Minggu (25/6) besok.

Hal ini didapat setelah hilal dipastikan terlihat di Bukit Condrodipo Gresik pada pukul 17.25 WIB dari Command Center atau pusat komando PBNU di Lt 5 Gedung PBNU.

Dilansir dari laman nu.or.id, di Gresik, yang melihat hilal adalah Irwanuddin dari LFNU Gresik dan Haji Ashar dari salah satu pondok pesantren di Surabaya.

Sebelumnya, dari pantauan berbagai lokasi di Indonesia timur yang saat ini sudah maghrib, tak satupun yang melihat hilal seperti di Maluku dan NTB.

Sebagian besar dikarenakan mendung atau tertutup awan. Di Jakarta sendiri, mendung juga masih menaungi ibukota sejak sore.

Sementara, dikutip dari inilah.com, Kementrian Agama (Kemenag) sudah melihat hilal di Pelabuhan Ratu sesaat setelah matahari terbenam.

“Hilal terlihat 0,29 persen. Bentuknya sangat tipis,” ungkap Tim Hisab Kemenag saat memaparkan di hadapan Menteri Agama saat sidang isbat.

Dia menjelaskan, tinggi hilal positif pada saat matahari terbenam posisi hilal ada di atas ufuk. Matahari terbenam terlebih dahulu dibanding hilal.

Dijelaskan, hilal tak akan terlihat sebelum matahari terbenam (Ghurub 17:48:38 WIB). Dan hilal tidak ada terlihat setelah hilal itu terbenam (18:06:26 WIB).

(ruh/pojoksatu)

Most Popular

To Top