Ternyata Kata Ketupat Memiliki Arti Tersendiri – Ambon Ekspres
Coffe Break

Ternyata Kata Ketupat Memiliki Arti Tersendiri

Ketupat Lebaran

AMEKS ONLINE – Siapa yang tidak tahu dengan ketupat? ya makanan ini merupakan makanan yang khas disajikan saat Hari Raya Idul Fitri.

Isi dari ketupat ini adalah nasi, namun bedanya dalam cara penyajian dan pembuatannya saja yang berbeda namun isinya tetap sama yaitu nasi.

Ketupat khas lebaran ini disajikan dengan opor ataupun makanan daging lainnya yang merupakan sebuah tradisi dari tahun ke tahun.

Namun, tahukah Anda jika ketupat ini memiliki arti tersendiri bila diartikan dari bahasa Jawa ke Indonesia? Tradisi makanan ketupat (kupat) menurut cerita merupakan simbolisasi ungkapan dari bahasa Jawa ku = ngaku (mengakui) dan pat = lepat (kesalahan) yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan ajaran Islam di Pulau Jawa yang pada waktu itu masih banyak yang meyakini kesakralan kupat.

Kebiasaan ini sampai saat ini menjadi budaya dan keyakinan yang akhirnya mampu menggeser kesakralan ketupat menjadi tradisi Islami ketika ketupat menjadi makanan di hari lebaran.

Pada saat umat Islam merayakan lebaran momen yang tepat untuk ini juga untuk saling meminta maaf dan mengakui kesalahan.

(hal/ps)

Most Popular

To Top