Banjir Batu Merah, 15 Rumah Tergenang Air – Ambon Ekspres
Metro Manise

Banjir Batu Merah, 15 Rumah Tergenang Air

Banjir Batu Merah, 15 Rumah Tergenang Air

AMEKS ONLINE, AMBON.–Banjir kembali terjadi di wilayah Batu Merah Dalam, Kecamatan Sirimau, Ambon, Selasa (27/6). Lima belas rumah tergenang air setinggi 15-70 centi meter.

Banjir disebabkan luapan sungai Batu Merah sejak sekira pukul 03.30 dini hari. Air sungai meluap cepat ke jalan, karena talud dibongkar sekira 5 meter untuk pengerukan dasar sungai beberapa hari lalu.

Warga sempat panik dan mengangkut parabot ke lantai dua rumah mereka. “Kami sudah bangun sejak subuh tadi untuk mengangkut barang-barang (perabotan) ke lantai dua. Kwathir, banjir akan masuk me rumah,”kata Ramli, warga setempat.

Pantauan Ambon Ekapres Online, hingga pukul 07.00, sungai Batu Merah perlahan surut. Sebanyak 15 rumah tergenang air. Dengan rincian, 9 di RT 002/RW 006 dan 5 di RT 001/RW 003.

Banjir ini pula menyebabkan tumpukan pasir di jalan yang terbawa arus sungai melalui ruang kosong talud yang telah dibongkar sebelumnya untuk jalan masuk eksvator mengeruk sungai. Tidak ada korban jiwa.

Namun, warga masih tetap waspada. Warga juga meminta pihak Balai Jalan dan Sungai Provinsi Maluku dan Dinas Pekerjaan Umum serta pengawas pengerukan sungai Batu Merah agar segera mengangkut tumpukan pasir hasil pengerukan.

Sebab, tumpukan pasir ratusan kubik yang ditumpukan di badan sungai, menjadi salah satu penyebab cepatnya luapan air sungai ke jalan dan rumah warga.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top