Eks Kepala Balai Siap Dieksekusi – Ambon Ekspres
Hukum

Eks Kepala Balai Siap Dieksekusi

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.–Telah mengantongi salinan putusan resmi dari Mahkamah Agung, kini Tim eksekutor dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah telah mengagendakan eksekusi terhadap Mantan Kepala Balai Taman Manusela Wilayah I Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Malteng, Supriyanto.

Supriyanto merupakan Terdakwa kasus korupsi pembangunan kantor Balai Taman Manusela Wilayah I tahun 2010. Dia dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan dibebankan membayar denda Rp 50 juta subsider tiga bulan kurungan serta membayar uang pengganti senilai Rp 66.645.000, oleh Mahkmah Agung (MA) RI.

“Salinan putusan telah kita kantongi, dan sudah kita agendakan untuk dilakukan eksekusi terhadap Terdakwa, Suproyanto berdasarkan putusan MA,” ungkap Kajari Malteng, Robinson Sitorus melalui Kasipidsus Kejari malteng, Mantap Sinaga.
Dia menjelaskan, Salinan Putusan atas terdakwa, Supriyanto ini telah dikantongi dari pertengahan Juni lalu dan saat ini akan dipersiapkan administrasi untuk segera dilakukan eksekusi.

Sebelumnya majelis hakim Pengadilan Tipikor Ambon yang diketuai Hengky Hendrajaja, bersama Herry Liliantono dan Edy Sepjangkaria selaku hakim anggota memvonis bebas Supriyanto. Tak menerima putusan itu, JPU kemudian mengajukan kasasi.

Untuk diketahui, di tahun 2010 Balai Taman Manusela Wilayah I Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp 800 juta untuk pembangunan kantor tersebut. Sebagai kuasa pengguna anggaran, Supriyanto tidak menggunakan anggaran ratusan juta rupiah itu sesuai peruntukannya.

Pembangunan kantor balai tersebut asal-asalan karena tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) yang telah disetujui oleh Kementerian Kehutanan.
Supriyanto divonis menyalahgunakan jabatan dan kewenangannya untuk mem­perkaya diri dan orang lain, sehingga menimbulkan kerugian negara senilai Rp 137.689.537. (NEL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!