Korut Bikin Frustrasi, Trump Telefon Dua Pemimpin Negara – Ambon Ekspres
Internasional

Korut Bikin Frustrasi, Trump Telefon Dua Pemimpin Negara

AMEKS ONLINE–Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump dijadwalkan menelefon Perdana Menteri (PM) Jepang dan Presiden China Xi Jinping pada Minggu (2/7/2017) malam waktu setempat. Panggilan telefon tersebut dilakukan demi membahas isu program nuklir Korea Utara (Korut).

Washington dikabarkan frustrasi karena Jepang, terutama China, kurang menekan Korut. Trump ingin sekali lagi menegaskan kepada Xi Jinping bahwa program nuklir dan pengembangan rudal balistik Korut sangat berbahaya bagi dua mitranya di Asia Pasifik, Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Seperti dimuat Reuters, Minggu (2/7/2017), percakapan telefon dijadwalkan berlangsung sekira pukul 20.00 waktu setempat atau Senin 3 Juli sekira pukul 08.00 waktu Indonesia Barat (WIB). Trump juga ingin respons yang sungguh-sungguh dari China usai perbincangan dengan Presiden Korsel Moon Jae-in yang datang berkunjung pada Jumat 30 Juni.

Dalam kesempatan itu, Trump mengatakan kesabaran AS terhadap Korut sudah habis. Meski demikian, Negeri Paman Sam tetap bertujuan untuk terciptanya perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Timur.
“Era kesabaran strategis terhadap rezim Korut sudah berakhir. Tujuan kami adalah perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran bagi kawasan. Tapi, AS akan dan akan selalu mempertahankan dirinya. Kami juga selalu mempertahankan sekutu kami,” tutur Presiden Donald Trump.

Korut dan Korsel secara teknis masih dalam keadaan perang karena konflik saudara pada 1950-1953 hanya diakhiri dengan perjanjian gencatan senjata, bukan perjanjian damai. Pyongyang membela program senjata nuklirnya dengan alasan untuk antisipasi kekejaman serta menangkal ancaman yang selalu dilontarkan AS. (NET)

Most Popular

To Top