PT.SPIL Resmi Hadir di Ambon – Ambon Ekspres
Ekonomi

PT.SPIL Resmi Hadir di Ambon

AMEKS ONLINE–Pelabuhan petikemas Yos Sudarso Ambon akan bertambah ramai kedepan. Pasalnya, pelayaran kapal petikemas,  yang selama ini dilayani 3 perusahaan pelayaran, akan bertambah dengan masuknya PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL).

Melalui kehadiran PT.SPIL, diharapkan akan membantu memperlancar arus keluar masuk barang dari Maluku ke daerah tujuan.
“Selama ini pengiriman barang dilayani oleh tiga perusahaan pelayaran, yakni PT Temas, PT Tanto dan Meratus. Terhitung sejak 24 Juli 2017 nanti, SPIL mulai melayani pelayaran secara regional maupun transhipment di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon,” ungkap General Manager PT Pelindo IV Cabang Ambon, Farid Padang kepada koran ini, pekan lalu.

Farid menjelaskan, selama ini pengiriman barang dilayani 12 kapal milik tiga perusahaan. Dengan masuknya SPIL tentunya directcall akan bertambah. SPIL akan melayani pelayaran yang bergerak dibidang Container Shipping. Jalur pelayaran domestik ke 29 cabang di seluruh Indonesia, didukung kapal kontainer, alat berat, dan kontainer. “Dengan fasilitas operasional yang mendukung serta personel tersebut, pelayaran SPIL terus berekspansi untuk meningkatkan servis dan kepuasan pelanggan di Provinsi Maluku,”jelasnya.

Farid mengaku, peningkatan arus barang di pelabuhan Ambon cukup signifikan. Terdata, setiap perusahaan memiliki 4 kapal petikemas. Khusus, PT. Temas sebelumnya dari 4 kapal bertambah 16. Sementara kehadiran PT. SPIL dengan 12 kapal sehingga total menjadi 28 kapal petikemas melayani daerah Maluku.
Dia menambahkan, trafik peningkatan kapal cukup signifikan. Awalnya bertumbuh 8-10 persen pada tahun 2016, kini naik mencapai 16-20 persen untuk angkutan barang. “Secara tidak langsung peningkatan tersebut memberi dampak untuk menekan inflasi di daerah ini. Dari segi pendistribusian barang, serta peningkatan trafik ini berdasarkan zona dan pengaturan area petikemas serta penumpang di pelabuhan Ambon,” tambahnya. (IWU)

Most Popular

To Top