Wae Ela Mengancam, Butuh Normalisasi – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Wae Ela Mengancam, Butuh Normalisasi

AMEKS ONLINE–Daerah Aliran Sungai (DAS) Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah butuh normalisasi segera. Hal itu untuk mencegah bencana banjir yang makin  parah.

Intensitas curah hujan yang terjadi saat ini mengakibatkan terjadinya erosi Natural Dam Wae Ela. Selain DAS Mamua, Negeri Hila di wilayah setempat. Kondisi tersebut sangat berbahaya, apabila pemerintah daerah provinsi, kabupaten tidak segera melakukan normalisasi.
“Minta Pempus, Pemprov Maluku dan Kabupaten Malteng segera lakukan normalisasi,” desak anggota DPRD Maluku Tengah, Ruslan Hurasan.

Saat ini aliran sungai Wae Ela, hanya terpaut beberapa meter dari perumahan penduduk. Bahkan, mengancam penduduk setempat. Demikian jembatan darurat bakal terbawa arus air.
Kondisi yang sama terjadi di dusun Mamua. Ironisnya, kata Hurasan bencana banjir terjadi setiap tahun, namun tidak ada upaya dari pemerintah. “Untuk Mamua bukan kali pertama, tetapi setiap tahun. Toh, tidak ada upaya apapun dari pemda melalui Balai Jalan Jembatan maupun Balai Sungai,” kesalnya.

Hurasan berharap, Pemda segera melakukan rekayasa normaliasi pada kedua DAS tersebut. “Dampaknya bermacam-macam, terutama pemukiman warga dan akses transportasi, karenanya segera lakukan normalisasi,” tutupnya.
Bupati Tuasikal Abua sebelumnya meminta Balai Sungai agar melakukan normalisasi. Pemda sebut bupati akan melayangkan surat ke Kementerian PU perihal pengalihan DAS tersebut ke Kabupaten.
“Itu status jalan nasional, maka menjadi tanggung jawab Balai Jalan dan Sungai. Kita minta, kalau bisa dialihkan ke Kabupaten,” singkatnya.(ANC)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!