Bercak Putih di Wajah Belum Tentu Panu Lho – Ambon Ekspres
Kesehatan

Bercak Putih di Wajah Belum Tentu Panu Lho

AMEKS ONLINE–Tak sedikit orang menganggap bercak putih yang ada di wajah adalah panu. Padahal bercak putih tersebut bisa jadi penyakit kulit lain. Demikian kata dr Galih Manggala SpKK dari RS Permata Depok. Seperti apa?
Menurut dr Galih, sapaan akrabnya, penyakit kulit panu disebabkan oleh jamur Malassezia Furfur. Penyakit panu pun sebenarnya tidak hanya muncul di bagian wajah tapi juga di badan.
“Sedangkan kalau di wajah itu namanya Pityriasis Alba. Ini sering di usia anak-anak dan dewasa muda atau remaja,” ujar dr Galih.

Faktor lainnya, lanjut dr Galih, bisa jadi karena sering terpapar dengan sinar matahari langsung tanpa menggunakan tabir surya. Kemudian sering juga terjadi pada pasien dengan bawaan Dermatitis Atopic.
“Kalau sudah terjadi seperti itu kita konsulkan ke dokter spesialis kulit, karena banyak penyakit kulit lain yang menyerupai. Contohnya kusta, kusta sendiri keluhannya juga bercak berwarna putih,” tutur pria asal Malang, Jawa Tengah ini.

Terkait pengobatannya sendiri, kata dr Galih membutuhkan waktu dan tidak bisa hilang secara instan. Biasanya selain diobati, dokter spesialis kuit memberikan obat steroid berupa kosmetik kamuflase seperti bedak yang mengandung foundation untuk menutupi bercak putih tersebut.
“Karena penelitian di luar negeri bercak seperti itu harus diobati butuh waktu sekitar 1 bulan sampai 1 tahun, jadi lama. Jadi sambil nunggu diberikan kosmetik kamuflase,” terang dr Galih.

Nah, untuk mencegah munculnya bercak putih di wajah, hal pertama yang patut dilakukan adalah dengan menggunakan tabir surya yang berspektrum UVA dan UVB. Kemudian sesuaikan pula intensitas paparan sinar matahari, semakin sering terpapar sinar matahari maka penggunaan tabir surya semakin lebih sering. (hrn/up)

Most Popular

To Top