Gubernur Jakarta ‘3 in 1’ – Ambon Ekspres
Nasional

Gubernur Jakarta ‘3 in 1’

Oleh : Ardi Winangun, Associate Researcher LP3ES

AMEKS ONLINE–Dilantiknya Plt Gubernur Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menjadi Gubernur Jakarta oleh Presiden Joko Widodo, 15 Juni 2017 membuat daerah khusus ibu kota ini memiliki catatan sejarah baru dalam soal kepemimpinan. Dalam periode 2012-2017, Jakarta memiliki tiga gubernur. Dalam periode itu Jakarta pernah dipimpin oleh Joko Widodo, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), dan Djarot. Satu periode tiga gubernur menunjukan ada sesuatu yang bisa kita pelajari dalam soal kepemimpinan.

Dalam Pilkada 2012, Joko Widodo mampu mengalahkan petahana Fauzi Bowo. Sayang kemenangan yang mulus dan tak seheboh Pilkada selanjutnya, 2017 itu Joko Widodo mengundurkan diri karena ikut Pilpres 2014. Oleh karena Joko Widodo menang dalam Pilpres maka dirinya digantikan oleh Wakil Gubernur Ahok.
Dalam periode Ahok, pembangunan di Jakarta begitu dinamis meski penuh dengan kegaduhan, seperti penggusuran dan ungkapan-ungkapan yang menimbulkan polemik. Di tengah gencarnya pembangunan yang dilakukan dan kontroversi sikapnya, Ahok tersandung masalah yang membuat dirinya dijatuhi hukuman kurungan selama dua tahun. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kembali peralihan kekuasaan dari gubernur ke wakil gubernur. Sebagai wakil Ahok, maka Djarot-lah yang menggantikannya.

Sebagai daerah ibu kota, provinsi ini menjadi barometer segala aktivitas di Indonesia. Ini bisa terjadi karena Jakarta juga menjadi tempat segala aktivitas pemerintah pusat. Sepak terjang kepala daerah di Jakarta akan disorot oleh media massa sama seperti media massa menyorot presiden, menteri, wakil rakyat, dan ketua lembaga negara. Sorotan akan lebih tajam bila aktivitas gubernur sangat dinamis.

Prev1 of 3

Most Popular

To Top