Kepala Balai Jalan “Cuekin” DPRD – Ambon Ekspres
Politik

Kepala Balai Jalan “Cuekin” DPRD

Elviana Pattiasina

AMEKS ONLINE, AMBON.– DPRD Maluku sesali pimpinan Balai Jalan dan Jembatan Wilayah XVI Maluku dan Maluku Utara Satrio Sugeng Prayitno yang sudah tiga kali tidak menghadiri rapat koordinasi dengan komisi B dan komisi C bersama dinas kehutanan dan Balai Taman Nasional. Padahal rapat itu penting guna membicarakan penanganan kerusakan jalan di Taman Manusela, Kabupaten Maluku Tengah menuju Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Rapat koordinasi dipimpin Wakil Ketua DPRD Maluku Elviana Pattiasina didamping Ketua Komisi C Rasyad  Efendi Latuconsina, Ketua Komisi B Everd Herman Karmite dan seluruh anggota dari kedua komisi. Pertemuan lanjutan yang ketiga kalinya ini terpaksa ditunda kembali karena ketidakhadiran Satrio Sugeng Prayitno.

Pattiasina yang juga kordinator komisi C mengatakan, pimpinan balai tidak menghargai undangan DPRD Maluku selaku perwakilan rakyat. Rapat itu juga guna membicarakan kepentingan masyarakat untuk masalah infrastruktur. Terutama masalah kerusakan jalan. “Rapat ini sangat penting untuk kita mendengar penjelasan Kepala Balai Jalan dan Jembatan, terkait rencana perbaikan kerusakan jalan di Taman Manusela, yang saat ini sudah menganggu aktivitas masyarakat dari SBT, Maluku Tengah  maupun ke Kota Ambon. Tetapi  yang bersangkutan tidak hadir, hanya Balai Taman Manusela dan Dinas Kehutanan Maluku yang hadir.  Lalu apa yang mau kita bahas ?” ujar Pattiasina, Kamis (6/7).

Untuk menghadiri rapat, pihak balai mengutus perwakilannya, Usman A Latuconsina. Namun kehadiran Latuconsina selaku perwakilan dianggap tidak sama dengan undangan DPRD yang mengiginkan pimpinan balai jalan harus  hadir dalam pertemuan itu.

Latuconsina dalam penjelasannya mengatakan, ketidakhadiran pimpinan balai jalan karena yang bersangkutan sedang melakukan kunjungan ke Pulau Seram. Sehingga diberikan perwakilan. Bahkan dia juga mengakui undangan DPRD yang disampaikan sesudah jam  kantor, sehingga biro humas balai tersebut tidak mengetahuinya. “Saya yang diutuskan kesini. Dan ini bukan alasan bapak (kepala balai-red) untuk tidak hadir, tetapi beliau sedang melakukan kunjungan ke Pulau Seram. Dan undangan yang diterima juga bukan lagi di jam kantor. Ini yang membuatnya tidak sempat hadiri undangan tersebut,”  katanya.

Mendenggar penjelasan itu, Ketua Komisi B Everd  Karmite mengatakan, apa yang dilakukan kepala balai merupakan tindakan kesengajaan. Sebab ketidakhadiran ini merupakan yang ketiga kalinya. Hanya Dinas Kehutanan dan Balai Taman Manusela yang sering memenuhi setiap kali udangan DPRD, sementara kepala balai tidak.

Mestinya, kata dia,  yang bersangkutan harus tahu betul  bahwa yang dibahas dalam pertemuan itu, menyangkut dengan kewenangan tugas dan tanggungjawab kepada masyarakat Maluku. Politisi PDIP ini menegaskan, tindakan kepala balai perlu disikapi dengan disampaikan kepada kementerian untuk yang bersangkutan perlu dievaluasi. Mengigat jabatan yang dudukinya juga baru dua bulan. “Saya tidak perduli dengan apa yang disampaikan karena itu hanya sebagai alasan saja. Sebab yang kita lakukan ini sebagai mitra, sehingga harus ada saling menghargai. DPRD adalah perwakilan rakyat, sehingga semua permasalahan rakyat akan dibahas disini. Kalau seperti ini, kapan perbaikan jalan di Taman Manusela, dilakukan ?  Saya kira ini perlu disikapi dan disampaikan ke kementrian untuk segera mengevaluasinya,” papar dia.

Ketua Komisi C Rasyad  Efendi  Latuconsina menambahkan, agenda yang terpenting bagi setiap mitra, adalah ketika ada panggilan DPRD untuk dilakukan pertemuan semuanya  hadir.   Tetapi yang dilakukan saat ini oleh kepala balai jalan dan jembatan seakan tidak lagi menghargai DPRD.  Padahal surat undangan yang ditandatangani bukan ketua komisi, melainkan Ketua DPRD Maluku “Jangan dia menggangap bahwa anggaran yang digunakan balai jalan bersumber dari APBN lalu tidak hiraukan panggilan DPRD Maluku. Sekecil apapaun pembangunan pemerintah  pusat di daerah, harus mengetahui DPRD untuk melakukan pengawasan,” pungkasnya.(WHB)

Most Popular

To Top