JR Siap Bangun Malra – Ambon Ekspres
Politik

JR Siap Bangun Malra

AMEKS ONLINE–Percaturan politik lima tahunan (Pilkada) mulai marak dipertontonkan pada khalayak ramai seantero Maluku. Salah satunya Kabupaten dengan julukan Larwul Ngabal (Maluku Tenggara).

Hal ini terlihat dengan berbondong-bondongnya para figur terbaik daerah itu, mengikuti pentahapan partai politik yang diawali dengan proses pengambilan dan pengembalian berkas formulir pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil Bupati Maluu Tenggara periode 2018-2023. Salah satunya, balon bupati Maluku Tenggara, Yanuarius Resubun atau yang iebih akrab di sapa Jhon Resubun (JR).

JR didampingi ribuan pendukung dan simpatisan menyambangi Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di Langgur, Kamis (6/7) untuk mendaftar. Dia juga telah mendaftar di PDI Perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Saya berharap bisa mendaftar disemua parpol yang ada”, ujar JR kepada wartawan.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) provinsi Papua itu mengaku, telah punya keinginan sejak dulu untuk membangunan Malra, namun belum berkesempatan. Olehnya itu, dia akan mengerahkan semua kemampuan dan ilmu yang dimiliki untuk membangun daerah itu terpilih.
Saat ini, klaim dia, tiga simpul relawannya yakni Relawan JR, Kawan JR, dan Projo (Pro Jhon) telah bergerak di masyarakat. Tingkat penerimaannya cukup signifikan.
“Dan relawan khusus sudah bergarilya menyusun kekuatan sejak tahun 2015 Ialu. Dan, Alhasil dari kerja keras tim itu maka buktinya terlihat lewat hasil survei yang cukup memuaskan. Ini modal yang saya miliki dan menjadi pertimbangan bagi parpol untuk memberikan rekomendasi”, ungkap JR.

Resubun juga telah menyusun konsep visi dan misinya. Meski belum menyampaikan ke masyarakat, tetapi ia yakin, visi dan misi mengakomodir dan bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.
“Visi Misi saya sederhana, masih rahasialah, belum saatnya saya sampaikan. Tapi intinya saya akan genjot pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, sosial budaya serta melanjutkan pembangunan infrastruktur yang sudah berjalan selama ini. Jadi teman-teman media ikut saja ya, pasti tau nanti ketika proses pentahapan sudah final”, tandas pria yang menyandang gelar doktor itu.

Selain itu, Resubun juga berjanji akan prioritaskan pembangunan infrastruktur di wilayah Kei Besar. Menurut dia, Kei Besar masih jauh tertinggal dengan Kei Kecil.
Masalah ini tentunya menjadi pekerjaan rumah karena dibutuhkan adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena itu, struktur pembiayaan keuangan daerah yang ada perlu didesain ulang.
“Saya rasa ini penting kita lakukan, karena bertujuan untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah. Suatu daerah akan maju apabila memiliki PAD yang cukup, serta menempatkan pos anggaran yang benar-benar dibutuhkan untuk membangun daerah. Ya, saya akan lakukan ini, karena penting untuk genjot PAD”, tutup JR. (M1)

Most Popular

To Top