Putin Positif Hubungan AS-Rusia Dapat Kembali Baik – Ambon Ekspres
Internasional

Putin Positif Hubungan AS-Rusia Dapat Kembali Baik

AMEKS ONLINE–Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan sinyal positif terkait hubungan Washington dan Moskow. Sinyal itu diberikan usai Putin bertemu langsung dan berdialog dengan Presiden Amerika Serikat (AS) di sela-sela KTT G20.

“Saya berpikir bahwa jika kita terus membangun hubungan kita seperti pada percakapan kita kemarin, ada alasan untuk percaya bahwa kita dapat, (atau-red) setidaknya sebagian, mengembalikan tingkat kerja sama yang kita butuhkan,” ujar Putin setelah bertemu Trump, sebagaimana dikutip dari Russia Today, Minggu (9/7/2017).

Putin menceritakan bahwa isu terkait Rusia terlibat peretasan saat pilpres AS 2016 juga dibawah pada pertemuan tersebut. Putin menegaskan, tidak ada alasan untuk Rusia terlibat dalam peretasan tersebut.
“Ia (Trump) mengajukan banyak pertanyaan tentang masalah itu. Saya menjawab pertanyaan itu sebaik mungkin. Saya pikir ia mempertimbangkannya dan setuju dengan saya, tapi Anda harus benar-bendar bertanya kepadanya untuk tahu perasaannya,” tutur Putin.

Perihal peretasan dan agar mencegah hal tersebut terjadi, Putin dan Trump sepakan untuk bekerjasama dalam pengawasan dunia siber. “Presiden AS dan saya sepakat bahwa kami akan menciptakan sebuah kelompok kerja dan bekerjasama dalam cara memantau keamanan di dunia maya bersama-sama, bagaimana memastikan kepatuhan tanpa syarat terhadap norma-norma hukum internasional dan bagaimana mencegah interferensi perihal urusan dalam negeri negara-negara asing,” tambah Putin. (NET)

Most Popular

To Top