Dua Abad Martha Christina Tijahahu – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Dua Abad Martha Christina Tijahahu

Harap Jadi Motivasi Melawan Penjajah Modern

AMEKS ONLINE–Masyarakat Negeri Abubu, dan sebagian masyarakat Kecamatan Nusalaut, Minggu (9/7) memperingati dua abad perjuangan Martha Kristina Tijahahu di Negeri Abubu Kecamatan Nusa Laut.

Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tengah beserta pimpinan SKPD Muspika hingga para raja se-Kecamatan Nusalaut hadir dalam peringatan dua abad pahlawan Nasional Perempuan asal kecamatan Nusalaut saat itu. Tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan serta masyarakat se-Kecamatan Nusalaut hadir dalam perayaan saat itu.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua berharap nilai-nilai sosial yang terkandung dalam perjuangan Matha Christina Tijahahu dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat untuk melawan “penjajahan modern”.
Dimaksudkan, Terorisme, perilaku pragmatis, malas-malasan, hedonisme, materialistik menjadi musuh bersama.
Hanya dengan memerangi penjajahan modern, masyarakat bisa terbebas dari kemiskinan dan kesenjangan sosial.

“Hasil perjuangan Martha Christina Tijahahu harus diteruskan dengan lebih giat menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing di era modernisasi dewasa ini. Dalam perjuangan Martha Christina Tijahahu terkandung karya dan prestasi serta komitmen dan keseriusan membangun negeri, daerah dan bangsa,” tandas bupati dalam sambutannya yang dibacakan Assisten I Sekkab Malteng Wem Istia.

Peringatan dua abad Martha Christina Tijahahu secara resmi baru untuk pertama kali dirayakan. Ditandai dengan pencanangan saat itu. Bupati mengapresiasi positif ide dan gagasan yang boleh diaktualisasikan saat itu.
Sebab menurut bupati, pencanangan peringatan dua abad Martha Christina Tijahahu bisa memotivasi generasi muda untuk ikut berperan aktif dalam karya dan karsa bagi kemajuan negeri daerah dan negara tercinta. (MYX)

Most Popular

To Top