Maluku Bukan Tempat Kelompok Radikal – Ambon Ekspres
Metro Manise

Maluku Bukan Tempat Kelompok Radikal

AMEKS ONLINE–Gubernur Maluku Said Assagaff menegaskan, seluruh masyarakat tak ingin kelompok maupun simpatisan teroris dan organisasi radikal hidup di Maluku. Jika terdeteksi ada, aparat keamanan harus menindak tegas, dan menumpasn hingga ke akar-akarnya.

enegasan Assagaff itu terkait maraknya aksi teror di Indonesia. Tak hanya menimpah masyarakat aparat keamanan terutama polisi, kini menjadi sasaran utama. Maluku sebagai daerah bekas konflik, juga terus melakukan langkah antisipasi.
“Yang kita harapkan selama ini, kelompok, simpatisan atau siapapun dia yang berkaitan dengan itu (teroris), atau kelompok dan simpatisan radikal itu, tidak harus ada di Maluku. Tapi kalau ada, harus di sikat. Basmi mereka dan tidak boleh dibiarkan,“kata Assagaff kepada wartawan usai pelaksanaan HUT Polri, Senin (10/7).

Menurut dia, Maluku, bukan tempat untuk kelompok-kelompok tersebut hidup. Maluku kini sudah semakin aman, sehingga keamanan itulah perlu untuk diperlihara oleh seluruh element masyarakat yang ada.
“Jangankan mereka, siapapun yang dianggap pengganggu ataupun pengacau keamanan, disini (Maluku red), bukan tempat untuk mereka hidup. Silakan ke tempat lain. Maluku sudah terlalu aman, terlalu damai. Jangan dirusaki lagi,”jelas dia.
Disinggung soal masih adanya konflik antar kelompok Assagaff mengatakan, konflik yang terjadi rata-rata berawal dari hal sepeleh, dimana masyarakat sendiri belum mememiliki kesadaran terhadap hukum.
“Saya kira konflik yang terjadi antar kampong ini, karena persoalan sepeleh. Jangan ambil terlalu jauh, mestinya ketika ada satu kejadian laporkan kepada aparat setempat. Ada RT, RW, Kepala Desa, Dusun, ada aparat keamanan disitu, Babinsa, Bhabinkamtibmas. Dan mereka yang dianggap bisa bertanggungjawab. Bukan malah main hakim sendiri. Konflik itu tidak ada untungnya yang ada hanyalah penderitaan. Untuk itu hentikan,”tegas dia.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top