Asosiasi Petani Pala Malteng Terbentuk – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Asosiasi Petani Pala Malteng Terbentuk

AMEKS ONLINE–Asosiasi Petani Pala Maluku Tengah atau AP2MT resmi terbentuk, Selasa (11/7). Ini ditandai dengan dilantiknya Kepengurusannya AP2MT oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Maluku Tengah periodisasi 2017-2021 di aula Hotel Isabella, Masohi.

Terbentuknya AP2MT diprakarsai oleh Mercy Corps Indonesia Maluku dengan nama P21H. “Awal terbentuk namanya P21H yang dilatari oleh rendahnya tingkat perekonomian petani pala ditengah tingginya hasil panen. Kondisi ini dipengaruhi oleh sistim monopoli perdagangan pala oleh orang luar Maluku,” kisah ketua AP2MT Semuel Hetharion dalam laporannya.

Organisasi ini terbentuk yang secara resmi 21 April 2017,”Keberadaan asosiasi harus dapat berkontribusi nyata bagi kebangkitan petani pala di Kabupaten Maluku Tengah,” semangat Semuel. Awalnya, kata dia, mereka menggagas agar asosiasi dapat menampung hasil panen pala dari petani.
Hasil panen itu dilepas ke pasar. Diharapkan mekanisme ini dapat membantu petani dalam memberikan kepastian harga yang wajar. “Kedepan kita berharap distribusi pala untuk pasar Indonrsia maupun ekspor dapat dilakukan langsung dari Pelabuhan Kabin,” kata Semuel.

Komitmen AP2MT tidak bisa diwujudkan sendiri. Mereka Butuh campur tangan pemerintah dalam bentuk pendampingan dan kerjasama untuk mrngawal pengembangam petani. “Anggota AP2MT umumnya adalah tenaga pembibitan. Kedepan kita berharap mulai dari proses pembibitan hingga pasca panen bisa ditangani langsung oleh asosiasi. Dan, harapan ini hanya bisa dioptimalkan bila ada campur tangan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah,” tukasnya.

Terbentuknya AP2MT mendapat apresiasi positif Kepala Dinas Perkebunan dan peternakan Syakir Latuconsina. Kata dia, dengan AP2MT, peningkatan perekonomian petani pala bisa didorong lebih optimal.
“Asosiasi memiliki peran penting dalam memfasilitasi kepentingan petani. Baik soal pembibitan, kendala-kendala pemeliharaan hingga pemasaran hasil dapat dikendalikan,” ujar Latuconsina. (MYX)

Most Popular

To Top