Hari Libur, Penjualan Bensin di SPBU Pohon Pule Ditiadakan – Ambon Ekspres
Amboina

Hari Libur, Penjualan Bensin di SPBU Pohon Pule Ditiadakan

Resa : Pemerintah dan DPRD Harus Melihat Persoalan Ini

AMEKS ONLINE–ihak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pohon Pule Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon sengaja membatasi penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin. Pembatasan BBM ini dinilai merugikan sebagian besar masyarakat khususnya para pengendara roda dua.

“Kemarin ketika saya hendak mengisi bensin, petugas SPBU Pohon Pule katakan bahwa tidak ada bensin. Dan saya diingatkan bahwa harus mengisi bensin sebelum pukul dua belas siang dan diatas pukul tiga sore. Karena bensin baru di jual saat jam yang sudah ditentukan. Hal ini sangat merugikan kami selaku pengendara,” keluh Resa Fahlefi, salah satu warga Kecamatan Nusaniwe kepada Ambon Ekspres, Selasa (11/7).

Kata Resa, kendaraan roda dua miliknya lebih cocok dengan bahan bakar jenis bensin. Akan tetapi, keinginan tersebut justru dibatasi oleh pihak SPBU Pohon Pule. Bahkan, banyak pengendara yang mengeluhkan soal pembatasan BBM tersebut. Tapi justeru ditawarkan BBM jenis Pertalite dan Pertamax.
“Entah apa alasannya. Tapi setiap kami tanya ke pihak SPBU, justeru mereka tidak menjelaskan secara rinci soal pembatasan bensin tersebut. Harusnya mereka (pihak SPBU) menjelaskan alasan konkritnya kepada semua pengendara. Karena SPBU lain tidak seperti ini,” ucap Resa.

Resa berharap, agar pemerintah maupun wakil rakyat bisa melihat persoalan ini dengan serius. Sehingga masyarakat khususnya pengendara tidak dirugikan dengan pembatasan BBM jenis bensin ini.
“Semoga persoalan ini bisa disikapi pemerintah maupun wakil rakyat di DPRD kota Ambon. Sehingga kami tidak lagi dibatasi dalam penggunaan BBM,” pintanya.

Di tempat yang sama, salah satu petugas SPBU yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, memang untuk BBM jenis bensin sementara dibatasi. Menurutnya, penjualan bensin kepada pelanggan sudah ditentukan berdasarkan jamnya. Yakni, mulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIT. Kemudian akan dilanjutkan pukul 15.00 sampai 20.00 WIT.
“Jadi penjualan bensin dimulai jam 8 pagi sampai 12 siang. Kemudian jam 3 siang sampai jam 8 malam. Diluar itu maka bensin tidak bisa dijual kepada pengendara. Dan itu berlaku setiap hari. Kalau hari libur (Minggu) penjualan bensin ditiadakan (tidak dijual),” terang dia.

Terpisah, salah petugas SPBU Kebun Cengkeh yang juga enggan menyebutkan namanya menambahkan, penjualan bensin kepada pengendara tidak dibatasi. Akan tetapi, pembatasan tersebut bisa terjadi ketika ada pengisian BBM dari mobil tangki ke bak penampungan BBM milik SPBU Kebun Cengkeh, Kecamatan Sirimau Ambon.
“Kami di sini tidak membatasi BBM jenis bensin. Silahkan cek saja, karena saat ini sementara ada pengisian bensin kepada pengendara yang membutuhkan. Mungkin pembatasan bensin bisa terjadi ketika ada pengisian BBM dari mobil tangker. Kalau lain dari itu, tidak ada pembatasan. Dan seharusnya tidak boleh ada pembatasan seperti itu,” singkatnya. (ISL)

Most Popular

To Top