Pemkab Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pemkab Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir

AMEKS ONLINE–Setelah mengumpulkan data korban banjir di beberapa kecamatan, sejak pekan lalu, Pemerintah Kabupaten Buru melalui Dinas Sosial (Dinsos) Buru, mulai menyalurkan bantuan. Bantuan yang disalurkan berupa sembilan bahan pokok (sembako).

Sekedar tahu, beberapa waktu lalu sejumlah wilayah di Kabupaten Buru terjadi banjir seperti di Kecamatan Waeapo, Kecamatan Lolonguba maupun Kecamatan Waelata. Akibat banjir yang terjadi tersebut sejumlah warga mengungsi karena rumah mereka terendam banjir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, warga yang mengungsi jumlahnya mencapai ratusan orang. Dan sampai saat ini Pemkab masih memperbaharui data pengungsi maupun korban banjir.
Yang sementara dilakukan Pemerintah Kabupaten Buru melalui Dinas Sosial adalah menyalurkan bantuan berupa sembako. Jenis bantuan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, terutama mereka dipengungsian karena ada yang kekurangan bahan makanan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buru, Abdul Majid Umaternate mengatakan, pihaknya sudah memberikan bantuan berupa bahan makanan dan kebutuhan lainnya yang diperlukan masyarakat pengungsi korban banjir. Bantuan diberikan sejak beberapa hari lalu.

Ia berharap, bantuan yang diberikan Pemkab Buru itu dapat sedikit meringankan beban para korban banjir.
Ia menjelaskan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Buru sudah melakukan antisipasi karena beberapa wilayah sangat rawan banjir, terutama saat musim penghujan seperti sekarang. Bahkan, dilaporkan ada warga meninggal dunia, yakni warga Desa Beterbangan yang terseret arus banjir.

Terkait kondisi yang melanda tiga kecamatan itu, Bupati Buru Ramli Umasugi pun sudah menghimbau masyarakat untuk terus waspada dimusim penghujan sekarang. Selain itu telah mengintruksikan jajarannya untuk melakukan pemantauan dan bantuan kepada korban banjir.
Bupati juga dikhabarkan telah memerintahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Buru untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terutama mereka yang menjadi sasaran banjir. (DHE)

Click to comment

Most Popular

To Top