Gempa Bumi Berkekuatan 6,7 Skala Richter Guncang Papua Nugini – Ambon Ekspres
Internasional

Gempa Bumi Berkekuatan 6,7 Skala Richter Guncang Papua Nugini

AMEKS ONLINE–Bumi kembali berguncang, kali ini gempa tersebut menyambangi Kota Rabaul di Papua Nugini. Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa bumi tersebut berkekuatan 6,7 skala Richter (SR), tetapi tidak memicu peringatan tsunami.

Melansir VOA News, Kamis (13/7/2017), guncangan yang terbilang cukup besar itu sejauh ini tidak mengakibatkan kerusakan maupun menimbulkan korban jiwa. Pusat gempa terdeteksi di kedalaman 33 kilometer, sekira 128 kilometer dari timur Pulau New Britain.

Pada Selasa 10 Juli, bencana alam serupa mengguncang tiga negara sekaligus. Pertama, di Samosir, Medan, Indonesia, pada pagi hari dengan kekuatan 5,2 SR. Kemudian siangnya, gempa berdaya guncang yang sama melanda Kyushu, Jepang. Selandia Baru menyusul kemudian pada hari yang sama, dengan kekuatan gempa 6,8 SR.
Tak ada korban jiwa maupun kerusakan yang dilaporkan dalam semua gempa tersebut di atas. Namun belakangan, Selandia Baru dihantam badai yang disertai angin kencang, hujan air dan salju. Badai memaksa warga lebih dari 10 ribu bangunan di bagian utara negara kepulauan Pasifik Selatan itu mengalami kerusakan mulai tingkat ringan hingga sedang.

Beberapa jalan raya terpaksa ditutup, demikian juga perjalanan sejumlah kapal feri yang melintasi Selat Cook terpaksa ditunda akibat tingginya gelombang laut. Badai melanda ibu kota Wellington dan kota terbesar di Selandia Baru, yakni Auckland. (NET)

Click to comment

Most Popular

To Top