Nafrua-Waeflan Jadi Desa Binaan Untuk MPA – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Nafrua-Waeflan Jadi Desa Binaan Untuk MPA

AMEKS ONLINE–Desa Nafrua, Kecamatan Lolongguba, dan Desa Waeflan, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru dijadikan sebagai desa binaan terkait dengan program pemerintah dalam upaya mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Dua desa ini ditetapkan pemerintah melalui Balai Perubahan Iklim Direktorat Jenderal Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Maluku dan Papua, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dalam kegiatan pelatihan dan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Alasan pembentukan MPA ini juga didasari sering terjadinya kebakaran hutan di Kabupaten Buru yang berdampak pada kerugian besar bagi masyarakat dan daerah. Dimana jika terjadi kebakaran hutan, sebagian masyarakat kehilangan mata pencarian, terutama para petani perkebunan.
Karena itu, Balai Perubahan Iklim Direktorat Jenderal Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Maluku dan Papua, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar kegiatan pelatihan dan pembentukan masyarakat peduli api di wilayah Kabupaten Buru, yang dipusatkan di Desa Savana, Kecamatan Waeapo, Kamis kemarin, (13/7).

Kepala Seksi Kebakaran Hutan dan Lahan, Solu Batar mengatakan, masyarakat yang ada di desa binaan itu wajib mengetahui cara benar menghadapi kasus kebakaran lahan atau hutan.
Dan di dua desa binaan ini, akui dia, setelah diberikan pelatihan masyarakatnya sangat antusias untuk menjadi sukarelawan MPA. “Masyarakat yang secara sukarela ikut peduli terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan telah kita berikan pelatihan dan pembekalan. Mereka sudah siap diberdayakan untuk membantu kegiatan pengendalian kebakaran hutan di Kabupaten Buru,” jelasnya.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top