Kanwil Agama Terima Penghargaan UAPPA-W – Ambon Ekspres
Amboina

Kanwil Agama Terima Penghargaan UAPPA-W

Kakanwil Agama Provinsi Maluku Fesal Musaad, saat menerima penghargaan UAPPA - W dengan LKPP terbaik ketiga tahun 2016 se- Provinsi Maluku, Kamis (13/7).

AMEKS ONLINE, AMBON.–– Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama RI Provinsi Maluku berhasil menduduki peringkat tiga dalam penghargaan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA – W) tingkat Provinsi Maluku tahun 2016. Peringkat Kanwil Agama berada dibawa Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku yang menduduki peringkat dua dan Polda Maluku yang meraih peringkat pertama.

Penghargaan UAPPA-W diberikan Kanwil Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Maluku kepada ketiga lembaga tersebut. Penghargaan untuk Kanwil Agama diberikan langsung Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Maluku, Sudarmanto kepada Kakanwil Agama Maluku Fesal Musaad, Kamis (13/7).

Musaad kepada wartawan mengatakan, kantor yang dipimpinnya memiliki nilai 96. “Kita mendapat peringkat ketiga. Sementara Polda Maluku peringkat pertama dan Badan Statistik Provinsi Maluku peringkat kedua. Dimana, rentan nilainya itu tidak jauh berbeda, karena rata – rata nilai itu antara 96 sampai 100,” kata Musaad.

Dia mengaku, penghargaan tersebut patut disyukuri dengan cara perlu jaga dan kembangkan prestasi di tahun mendatang agar kedepan memperoleh peringkat pertama untuk laporan keuangan terbaik. “Kita mendapat peringkat ketiga untuk laporan keuangan terbaik dan tahun ini Kanwil Kementerian Agama Maluku memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), meskipun itu di pusat tapi Kementerian Agama Maluku turut memberikan kontribusi untuk WTP karena kita adalah daerah sampel pemeriksaan BPK di Indonesia,” akuinya.

Dikatakan, prestasi opini WTP dan penyusunan laporan keuangan merupakan prestasi semua khususnya ASN Kementerian Agama Maluku. “Saya berpikir wajar, kalau kita menduduki peringkat ketiga, jika dibandingkan dengan Polda Maluku dan BPS Provinsi Maluku. Karena satuan kerja (satker) kita terbanyak dan bahkan satker – satker itu berada didaerah terpencil. Disana tidak ada sinyal dan komunikasi sangat sulit, Itu yang menyebabkan kita menduduki peringkat ketiga,” paparnya.

Selama ini, kata dia, Kementerian Agama Maluku belum pernah memperoleh peringkat di bidang laporan keuangan sekaligus opini WTP. “Jangan kita sia – siakan waktu percuma hanya duduk, ngurumpi, tidak memberikan dampak bagi institusi bangsa dan negara. Prestasi ini merupakan starpoint yang baik untuk Kementerian Agama Maluku, agar bisa berprestasi di masa – masa yang akan datang,” paparnya.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Maluku, Sudarmanto menyebutkan, tahun 2016 ada tiga Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) tingkat Maluku yang berhasil melakukan penyusunan dan penyampaian Laporan Keuangan Kementerian atau Lembaga (LKKL) secara berkualitas dan tepat waktu. “UAPPA-W yang terbaik, yakni Bidang Keuangan Polda Maluku, Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku,” sebutnya.

Menurutnya, untuk mempertahankan opini WTP dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap LKPP tahun 2016, perlu adanya koordinasi yang baik antara berbagai pihak terkait. “Harus ada koordinasi yang baik antara Kementerian Keuangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perbendaharaan dengan semua kementerian atau lembaga baik ditingkat pusat maupun daerah,” tuturnya.

Dijelaskan, LKPP merupakan gabungan antara Laporan Keuangan Kementerian atau Lembaga dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Neusra BUN. “Memenuhi Koordinasi ditingkat wilayah inilah bimbingan teknis kepada para pengelola laporan keuangan ditingkat UAPPA-W diadakan,” ujarnya.

Sudarmanto berharap, laporan keuangan yang disusun nantinya adalah laporan keuangan yang tetap berkualitas sebagaimana LKPP tahun 2016 yang mendapatkan opini WTP dan BPK. “Oleh sebab itu pemberian penghargaan kepada UAPPA-W terbaik ini semoga bisa memacu semangat bagi UAPPA-W yang lain untuk juga berpeluang mendapatkan penghargaan yang sama di periode berikutnya,” harap Sudarmanto.(PRO1/IWU)

Most Popular

To Top