Tersangka Transit Passo Segera Diumumkan – Ambon Ekspres
Hukum

Tersangka Transit Passo Segera Diumumkan

Gedung Terminal Transit Passo

AMEKS ONLINE, AMBON.––Sudah 28 orang saksi diperiksa ditahap penyidikan. Kini, tim penyidik berencana akan mengumumkan tersangka dalam perkara dugaan korupsi proyek pembangunan terminal transit tipe B di Desa Passo yang dibangun sejak tahun 2007 hingga 2015 pada pertengahan bulan Juni 2017.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, Manumpak Pane menyatakan, dalam bulan ini akan diumukan tersangka dalam proyek yang menghabiskan dana senilai Rp 55 miliar itu. “Kami pastikan, bulan ini kasus terminal transit sudah bisah diumukan tersangkanya,” ungkap Pane di sela-sela acara coffee morning dengan Forum Wartawan Kejati Maluku (Forwakemal) di Aula Kejati Maluku, Jumat (15/7).

Dalam kegiatan yang dihadiri para asisten dan para kasi dilingkup Kejati Maluku ini, Pane juga menjelaskan, dalam proses penyidikan kasus terminal Transit Passo, tim penyik telah berkoordinasi dengan ahli dari Politeknik Negeri Ambon untuk dilakukanya pemeriksaan terhadap fisik proyek. “Sudah ada tiga ahli yang disiapkan oleh Politeknik Negeri Ambon. Sementara mereka masih menyusun strategi-strategi pemeriksaan yang nantinya akan menjawab proses pengitungan kerugian keuangan negara atas proyek tersebut,” jelas dia.

Dia juga mengakui, proses penaganan perkara terhadap kasus terminal Transit Passo telah diperhadapkan pada Standar Operasional Penanganan Perkara (SOP) dalam penanganannya untuk perkara dalam tahap penyidikan terhitung 30 hari kerja. “Jadi SOP yang berlaku hanya 30 hari kerja dan itu sudah dilakukan. Sehingga terhadap kasus terminal transit ini akan digencar hingga ke tahap penuntutan. Kalau lebih dari 30 hari penanganan perkaranya silakan dikritisi,” terangnya.

Soal sejumlah pihak seperti Sekot Ambon, AG Latuheru yang kala itu menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kota Ambon belum juga diperiksa dalam perkara ini, Pane berharap biarkan penyidik bekerja. “Nanti dilihat, selama relevan dengan pembuktian perkara maka penyidik akan lihat. Siapapun dia akan dipanggil kalau memang itu relevan,” tandas Pane.

Informasi koran ini, AG Latuheru akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut. Pasalnya, nama Latuheru disebut tidak lepas dari pekerjaan pembangunan proyek tersebut. Selain Latuheru, beberapa staf dari Inspektorat Kota Ambon juga sudah diperiksa.(NEL)

Click to comment

Most Popular

To Top