Pemimpin ISIS Abu Bakr Baghdadi Diduga Masih Hidup – Ambon Ekspres
Internasional

Pemimpin ISIS Abu Bakr Baghdadi Diduga Masih Hidup

Abu Bakr al-Baghdadi/Ist

AMEKS ONLINE, RAQQA – Seorang pejabat keamanan Kurdi mengatakan bahwa dia yakin 99 persen pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi masih hidup dan berada di selatan kota Raqqa, Suriah, Sabtu (17/7).

Lahur Talabany, Pejabat Keamanan Kurdi mengaku memiliki informasi terkait keberadaan Abu Bakr Baghdadi ditengah beredarnya kabar pemimpin tersebut tewas beberapa waktu lalu.

“Baghdadi benar-benar hidup Dia tidak mati Kami memiliki informasi bahwa dia masih hidup Kami percaya 99 persen dia masih hidup,” kata Lahur Talabany kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Ia juga meyakini jika pemimpin ISIS itu sedang melakukan sebuah taktik rahasia agar tidak diketahui keberadaannya.

“Jangan lupa akarnya kembali ke masa al Qaeda di Irak, dia bersembunyi dari dinas keamanan, dia tahu apa yang sedang dia lakukan,” tambahnya.

Pasukan keamanan Irak telah mengakhiri kekuasaan pemerintahan Negara Islam di kota Mosul, Irak selama tiga tahun terakhir. Kelompok tersebut mendapat tekanan kuat di Raqqa.

Meski begitu, Talabany mengatakan bahwa Negara Islam telah mengubah taktik meski memiliki moral yang rendah dan akan memerlukan waktu tiga atau empat tahun untuk melenyapkan kelompok tersebut.

Setelah kalah, Negara Islam akan melakukan pemberontakan dan menyerupai al-Qaeda mengenai “steroid,” katanya.

Para pemimpin masa depan negara Islam diharapkan menjadi petugas intelijen yang bertugas di bawah mantan diktator Irak Saddam Hussein, orang-orang yang dikreditkan dengan merancang strategi kelompok tersebut.

(mia/pojoksatu)

Most Popular

To Top