Bupati Paparkan Perkembangan Pariwisata di Kemenpar – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bupati Paparkan Perkembangan Pariwisata di Kemenpar

AMEKS ONLINE–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru terus menunjukkan keseriusan dalam hal mengembangkan pariwisata di daerah itu. Hal ini potensi pariwisata di Kabupaten Buru juga tidak kalah saing dengan kabupaten lain yang sudah maju pariwisatanya.

Sebagai salah satu bukti keseriusan Pemkab, terlihat dengan dilakukannya ekspose tentang rencana pembangunan destinasi pariwisata Kabupaten Buru oleh Bupati Buru Ramly Umasugi dihadapan Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Dadang Rizki Rahmat, Senin lalu, (17/7).

Kepala Dinas Pariwisata, Istanto Setyahadi yang juga turut dalam kegiatan ekspose pariwisata itu kepada Ambon Ekspres, kemarin mengatakan, ekspose ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk memajukan dunia pariwisata di Kabupaten Buru. Turut hadir bersama Bupati saat itu selain dirinya, juga ada Sekretaris Dispar Kabupaten Buru, Aziz Tomia dan Kepala Bappeda Kabupaten Buru, Ajit Hentihu.

Dalam ekspose tersebut, Istanto mengatakan, Bupati menerangkan lebih detail tentang rencana pembangunan dan pengembangan prioritas destinasi pariwisata Kabupaten Buru. “Bupati sudah secara luas memaparkan rencana pengembangan pariwisata di Kabupaten Buru,” ujarnya.
Pihak Kemenpar pun sangat antusias dan merespons positif apa yang menjadi perencanaan Pemkab Buru. Ini juga terlihat saat pencanangan Festival Pesona Bupolo yang akan dihelat pada Oktober nanti yang mednapat dukungan Kemenpar.

Bupati buru sebagaimana paparannya dihadapan deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar RI, Dadang Rizky Rahmat, meminta sharing penganggaran untuk membangun destinasi wisata unggulan di Kabupaten Buru serta investasi dalam industri pariwisata.
Upaya ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Buru dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Buru lebih baik lagi kedepannya. “Intinya, Pemerintah Kabupaten Buru akan fokus terhadap aksesbilitas pada destinasi-destinasi pariwisata,” ujarnya.

Selain itu, juga mengupayakan sarana tranportasi dan amenitas pada destinasi pariwisata dengan tetap mengedepankan aspek peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. “Kita akan berupaya mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanaegara,” jelasnya.
Istanto juga mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk terus melakukan pengembangan pariwisata di Kabupaten Buru agar pariwisata di Kabupaten Buru dapat bersaing bahkan dapat lebih baik dari daerah lain di Maluku. (DHE)

Click to comment

Most Popular

To Top