Dua Hari Ditahan, Adik Presiden Iran Dilarikan ke Rumah Sakit – Ambon Ekspres
Internasional

Dua Hari Ditahan, Adik Presiden Iran Dilarikan ke Rumah Sakit

AMEKS ONLINE–Saudara dan penasihat dekat Presiden Iran, Hassan Rouhani dipindahkan ke rumah sakit pada hari kedua penahanannya terkait tuduhan keterlibatannya dalam skandal keuangan. Hossein Fereydoun dilaporkan sempat muncul di persidangan sebelum dibawa ke rumah sakit karena tampak tidak sehat.

“Kesehatan Fereydoun tidak baik sejak dia muncul di pengadilan dan pada akhirnya, karena situasi kesehatannya menjadi kritis, sesi tanya jawab tidak terjadi dan terdakwa meninggalkan pengadilan dengan ambulans,” demikian dilaporkan kantor berita Tasnim yang dilansir Middle East Monitor, Selasa (18/7/2017).

Adik Presiden Hassan Rouhani itu dipanggil untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus korupsi di mana dia menghadapi tuduhan yang tidak dijelaskan pada Sabtu, 15 Juli. Dia kemudian ditahan setelah tidak dapat memenuhi pembayaran uang jaminan, yang ditetapkan lebih dari USD15 juta atau sekira Rp200 miliar.

Pada Senin, 17 Juli, Fereydoun kembali datang ke persidangan tetapi kemudian dibawa ke rumah sakit karena kondisi kesehatannya yang tampak memburuk. Kantor berita Mehr mewartakan, setelah Fereydoun dibawa ke rumah sakit, seorang perwakilan datang untuk membayar uang jaminan agar diplomat senior Iran itu tidak perlu kembali ke tahanan setelah pulang dari rumah sakit.

Fereydoun adalah seorang diplomat senior terlibat dalam perundingan yang menghasilkan kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia. Beberapa pendukung Rouhani telah menafsirkan tuduhan terhadapnya sebagai tindakan hakim kelompok garis keras untuk mendiskreditkan presiden. (NET)

Click to comment

Most Popular

To Top