Orno Yakin Diusung Demokrat Lagi – Ambon Ekspres
Politik

Orno Yakin Diusung Demokrat Lagi

ilustrasi

AMEKS ONLINE–Dua kali direkomendasi partai Demokrat sebagai bupati Maluku Barat Daya (MBD), Barnabas Orno yakin akan direkomendasi lagi sebagai sebagai bakal calon (Balon) gubernur Maluku periode 2018-2022.

“Semua bakal calon tentu memiliki perencanaan. Saya sudah dua kali kantongi rekomendasi Demokrat sebagai bupati MBD dua periode. Maka kali ini saya juga yakin direkomendasikan partai Demokrat sebagai calon gubernur Maluku 2018,” tandas Orno, usai mengembalikan formulir pendaftaran di Sekretariat DPD Demokrat Maluku, jalan Karpan Ambon, Selasa (18/7).

Alasannya maju sebagai sebagai bakal calon gubernur Maluku bukanlah faktor Blok Masela di kabupaten MBD. Akan tetapi, bagian dari sebuah panggilan untuk membenahi Maluku kedepan.
Sehingga jika sejumlah partai memberikan rekomendasi termasuk Demokrat, maka dirinya akan bertarung bersama para calon gubernur lainnya untuk memenangkan pemilihan gubernur (Pilgub) Maluku 2018. Orno mngaku, sampai dengan kemarin belum ada rencana untuk mendeklarasikan pasangan Barnabas Orno dan Hamdani Laturua (Orlatu).

“Seperti yang dilihat bahwa persoalan politik ini sangat dinamis. Pastinya saya serius dan resmi berproses sebagai bakal calon gubernur. Jika Tuhan tidak berkenan maka saya siap bertarung. Dan untuk jadi gubernur perlu rekomendasi, jika sudah dapat rekomendasi, maka saya pasti jadi gubernur,”jelasnya.

Orno telah resmi mendaftar hampir di seluruh partai politik yang membuka pendaftaran bakal calon, diantaranya PDIP, PKPI, Nasdem, dan Demokrat dan beberapa partai lainnya. Sebab, tidak satupun partai politik memenuhi persyaratan 20 persen kursi (9 kursi) dari total 45 kursi DPRD Maluku untuk mencalonkan gubernur dan wakil gubernur.

“Sudah beberapa partai politik yang saya daftar. Terakhir ini Demokrat. Karena butuh 9 kursi untuk maju sebagai calon gubernur. Maka sudah sangat jelas, kesiapan saya maju sebagai bakal calon gubernur. Dan saya yakin, partai yang saya daftar akan merekomendasikan saya. Termasuk Demokrat yang memiliki kekuatan 6 kursi di DPRD Maluku,” tegasnya. (ISL)

Most Popular

To Top