Sudarmo Maju Cagub – Ambon Ekspres
Politik

Sudarmo Maju Cagub

Sudarmo

AMEKS ONLINE, AMBON.–Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku telah mendorong salah satu kader terbaiknya, Sudarmo Bin Yasin maju sebagai bakal calon Gubernur Maluku. Keseriusan Sudarmo karena telah mendaftar secara resmi di partai itu.

Sudarmo mengaku, mendaftar di PKS sebagai cagub karena tuntutan dan permintaan dari para kader, bahwa PKS harus menyiapkan diri dalam momentun pilkada Maluku tahun 2018. Sebagai kader, dia tetap menjawabnya untuk mendaftar. “Perlu diketahui bahwa saya mendaftar di PKS, pertama karena tuntutan para kader. Agar kita di PKS harus menyiapkan diri, sehingga sebagai kader saya harus menerima tuntutan itu, dengan memberanikan diri untuk mendaftar. Dan jika kedepan ada jalan, saya tetap siap, meski hanya daftar di PKS sambil menunggu keinginan koalisi dari partai lain,” ujar Sudarmo kepada Ambon Ekspres di kantor DPRD Maluku, Selasa (18/7).

Dia mengakui, sebelumnya ingin mendaftar di partai lain. Namun ketika berkonsultasi dengan ketua Koordinator Wilayah (Korwil) DPP PKS untuk wilayah timur, menyimpulkan bahwa tidak perlu dilakukan pendaftaran di partai lain. Tinggal menunggu partai yang ingin kadernya berkoalisi dengan PKS. “Berdasarkan hasil konsultasi saya dengan ketua korwil seperti itu. Dan saya pun mengikutinya dengan tidak berposes ke partai lain. Kita hanya mempersiapkan diri saja. Jika ada pinangan keingian dari partai lain untuk kita berkoalisi dengan kader PKS, tetap kita jalan,” katanya.

Wakil ketua komisi C DPRD Maluku ini menambahkan, PKS memiliki enam kursi di DPRD Maluku. Tentu itu merupakan kekuatan yang sangat diperhitungkan. Karena bagaimanapun, tidak satupun partai yang dapat mengusung kadernya sendiri, tanpa berkoalisi. ‘’Modal enam kursi di DPRD Maluku memberikan peluang kepada PKS, agar harus mempersiapkan kadernya, sudah sejauh mana dan ini sangat penting dalam momen ini,” paparnya.
Dia menjelaskan, sejauh ini komunikasinya dengan partai lain sudah dilakukan. Bahkan tidak hanya dia sendiri, tetapi dari struktur partai juga turut membantu mengkomunikasikan itu dengan para pimpinan partai lain. “Untuk komunikasi antara partai sudah saya bangun dan bukan saja saya, tetapi struktur partai juga turut membantu mengkomunikasikan ini, dengan pimpinan mereka. Kami hanya tinggal menunggu,” bebernya.

Wakil rakyat dapil Kabupaten Buru ini menegaskan, PKS memiliki satu mekanisme tersendiri yang lebih mempertimbangkan rasionalitas dari sisi kemaslahatan masyarakat. Dia mencontohkan untuk pilgub DKI Kakarta, ada kader PKS yang ingin maju sebagai wakil Gubernur DKI dan berpasangan dengan kader Gerindra Sandiaga Uno, tetapi para pimpinan partai lebih menginginkan kebersamaan, dan utamakan kemaslahatan masyarakat.

Sehingga kembali membatalkan kader, dan mengusung lagi Anies Baswedan-Sandiaga Uno maju sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur. ‘’Tentu ini realita yang terjadi di PKS. Dan kemungkinan hal tersebut bisa terjadi di Pilkada Maluku ataukah sebaliknya. Intinya PKS utamakan kemaslahatan rakyat,” pungkasnya.(WHB)

Click to comment

Most Popular

To Top