Bentrok di Yerusalem, 3 Warga Palestina Tewas – Ambon Ekspres
Internasional

Bentrok di Yerusalem, 3 Warga Palestina Tewas

Kota Tua Yerusalem (Foto Net)

AMEKS ONLINE, YERUSALEM.– Bentrok antara jemaat Palestina dengan pasukan keamanan Israel menewaskan sedikitnya tiga orang Palestina di Yerusalem timur, Jumat (21/7).

Bentrokan tersebut berawal dari kebijakan pengamanan instalasi detektor logam di pintu masuk Yerusalem akibat dua orang polisi Israel yang tewas pekan ini.

Kejadian tersebut diwarnai oleh orang-orang Palestina yang melempar batu kepada polisi Israel dan lemparan gas air mata.

Kementerian Kesehatan Palestina sudah mengantongi informasi korban yang tewas dari bentrokan tersebut.

Korban diantaranya Mohammed Sharaf (17),Mohammad Hassan Abu Ghannam, dan Mohammed Lafi (18) meninggal karena luka tembak di Yerusalem Timur.

Sayangnya belum ada yang bertanggungjawab dibalik tewasnya tiga remaja Palestina tersebut.

Laporan media setempat mengatakan kematian ketiga korban diakibatkan oleh penghirupan gas air mata meski belum dapat dikonfirmasi.

Kabinet keamanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memutuskan untuk menahan mereka di tempat dan mengatakan bahwa deteksi logam untuk mencegah senjata diselundupkan, Jumat (21/7).

Akibatnya warga Palestina melakukan protes, ribuan jamaah berkumpul untuk sholat Jum’at, sayangnya mereka dilarang masuk ke Masjid Al Aqsa.

“Kami menolak pembatasan Israel di Masjid Al Aqsa,” kata ulama senior Muslim Yerusalem, Grand Mufti Mohammad Hussein.

Para pemimpin Muslim dan faksi politik Palestina telah mendesak umat beriman untuk berkumpul dalam sebuah “hari kemarahan” pada hari Jumat melawan kebijakan keamanan baru.

Menjelang sore, polisi Israel melakukan pengamanan ekstra dengan melakukan pengecekan di pintu masuk ke Kota Tua Yerusalem.

Pihak kemananan sekitar membuat kebijakan pengamanan baru dengan melarang pria dibawah 50 tahun untuk masuk ke Yerusalam.

(mia/pojoksatu)

Click to comment

Most Popular

To Top