Diperintahkan Surya Paloh Lewat WA – Ambon Ekspres
Berita Utama

Diperintahkan Surya Paloh Lewat WA

DAFTAR : Bakal calon gubernur Maluku, Murad Ismail secara resmi mengembalikan berkas pendaftaran di DPW Partai Nasdem Maluku, Sabtu (22/7). Tampak Murad yang didampingi tim sukses saat mengembalikan berkas pendaftaran.

Akhirnya Nasdem Terima Pendaftaran Murad

AMEKS ONLINE, AMBON.––Tanggal 20 Juli, seharusnya menjadi hari terakhir DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Maluku menerima berkas pendaftaran. Namun, pertemuan bakal calon gubernur Maluku Murad Ismail dengan ketua umum Nasdem Surya Paloh, mengubah jadwal yang telah disepakati itu lewat sebuah pesan WhatsApp (WA).

Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Nasdem Maluku yang bertugas melalukan penjaringan dan penjaringan, telah menetapkan batas akhir pengembalian berkas da bakal calon gubernur dan wakil gubernur, 20 Juli. Sebanyak 9 bakal calon gubernur mengembalikan berkas alias mendaftar sebelum penutupan. Murad kala itu mendaftar.

Muhammad Armin Syarif Latuconsina alias Sam, salah satu tim Murad mencoba berkomunikasi dengan DPW Partai Nasdem Maluku agar batas pengembalian berkas diperpanjang. Namun, DPW Nasdem, khususnya Bapilu bersikukuh tetap bersandar pada jadwal.

Akhirnya, Murad sendiri bertemu langsung dengan Paloh di kantornya, Rabu (19/7). Dia meminta kepada Paloh agar batas pengembalian berkas bakal calon gubernur Maluku periode 2018-2023 di DPW Nasdem Maluku diperpanjang. “Tanggal 19 siang, setelah makan siang, saya menghadap pak Surya Paloh dan memohon kepada beliau, kalau bisa ditunda sampai tanggal 22. Dan beliau mengatakan segera disampaikan ke DPW agar ditunda,” jelas Murad kepada wartawan saat pengembalian berkas di DPW Nasdem Maluku, Sabtu (22/7).

Perintah Paloh ini ditindaklanjuti oleh anak buahnya di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem ke DPW Nasdem Maluku. Kamis (20/7) sebuah pesan WA masuk ke grup DPW Nasdem. Isinya, perintah dari DPP agar Nasdem Maluku mengundur batas pengembalian berkas bakal calon gubernur, sampai Murad mendaftar. “WA dari DPP. WA kemarin dulu (Kamis 20 Juli). Perintah dari DPP untuk diperpanjang. Perpanjang menunggu beliau (Murad Ismail). Bukan (sampai akhir Juli),” ungkap Sekretaris DPW Partai Nasdem Maluku, Kornelis Setubun kepada Ambon Ekspres.

Meski bukan dalam bentuk surat resmi, perintah Paloh tetap dilaksanakan oleh DPW Nasdem Maluku. Mereka menunggu kedatangan Murad. Selain Murad, balon gubernur lainnya, Jacky Noya juga mendaftar pada hari terakhir. “Kemarin itu memang tiba-tiba masuk di grup (WA) Nasdem. Itu masuk ke Bapilu. Jadi kalau arahan dari DPP, kita di DPW siap jalankan. Kan gitu,” jelas Kornelis.

BUKAN PRIORITAS
Murad meminta perpanjangan waktu pengembalian berkas pendaftaran hingga, Selasa (25/7) besok. Namun, Kornelis mengatakan, Nasdem tidak menerima lagi balon gubernur setelah Murad.

Meksi begitu, Murad menampik, itu merupakan bentuk prioritas Nasdem kepadanya. Bahkan ia mengaku, komunikasi dengan Paloh juga belum lama terjalin. “Karena itu, saya sampaikan terima kasih atas kesempatan pengunduran waktu selama dua hari kepada saya khususnya. Dan saya merasa ini bukan suatu prioritas kepada saya. Saya ndak pernah merasa itu,” ungkapnya.

Murad mengaku, ikut dalam kompetisi Pilgub Maluku 2018 karena menurutnya belum perubahah signfikan di Maluku. Maluku masuk masuk urutan empat daerah termiskin di Indonesia. Ia ingin membuat perubahan besar untuk mensejahterakan rakyat Maluku. “Komitmen ini saya pegang sesuai dengan jiwa restorasi, gerakan perubahan ini akan saya lakukan. Dari dulu, cita-cita saya ingin berubah. Dimana pun saya berada pasti saya merubah. Kalau tidak bisa berubah itu saya sama dengan yang lain,’’ tandas dia.

SEMUA PARPOL
Murad sudah mendaftar di sepuluh partai politik di Maluku yang memiliki kursi DPRD provinsi Maluku. Ia juga berencana mendaftar di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). “Kalau calon, sudah pasti. Tinggal kita atur skenario. Itu rahasia. Yang jelas kita daftar di semua parpol. Tinggal PKB yang belum,” kata Sam.

Disinggung soal Murad yang belum gencar lakukan sosialisasi, mantan Wakil Walikota Ambon itu menilai, tidak menjadi masalah atau penghalang untuk mendapatkan rekomendasi. Sebab, hasil survei bukan jadi indikator utama. “Saya dulu maju wakil walikota lawan Richard, Richard surveinya tinggi, sembilan partai saya ambil. Kalau partai memberikan rekomendasi berdasarkan survei, saya dan pak Poly cuman dapat partai dua,” paparnya.

Olehnya itu, tim dan Murad akan lebih berupaya keras, terutama di DPP dalam rangka mendapatkan rekomendasi. ”Semua partai kan berproses. Jadi, proses politik itu berjalan dua hal. Ada proses formal. Ada proses informal. Yang hari ini jenderal lakukan adalah proses formal dengan teman-teman wilayah (Nasdem Maluku). Proses informal akan berjalan di Jakarta,” katanya.

DITENTUKAN LSI
Saat ini, Murad telah melirik sekira enam figur calon wakil gubernur. Satu dari mereka akan dipilih oleh Murad sebagai pasangannya. Penentuan calon wakil gubernur sangat ditentukan oleh survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. “Ada 5 sampai 6 bakal calon wakil gubernur untuk saya. Kalau LSI sudah kasi tahu cocok baru saya sampaikan. Pokoknya semua masuk dalam daftar,” ucap Murad usai usai mengembalikan berkas pendaftaran di Sekretariat DPD Demokrat Maluku jalan Karpan, Sabtu (22/7).

Mantan Kapolda Maluku ini mengaku, dari sekian nama yang masuk dalam kategori bakal calon wakil, tentu harus memiliki visi misi yang sama dengannya. Akan tetapi, yang lebih layak untuk menjadi bakal calon wakilnya harus miliki kriteria-kriteria tertentu. “Wakil itu harus punya komitmen, kemudian jujur dan selalu dicintai semua masyarakat Maluku. Jangan pagi bicara lain, trus malam bicara lain. Jadi kriteria seperti itu yang cocok dengan saya,” kunci Murad.

Diberitakan sebelumnya, salah satu tim Murad mengatakan, Murad akan memilih cawagub dengan latar belakang politisi. Nama ketua DPD Partai Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa dan anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Mercy Barends dan dan mantan ketua Sinode Geraja Protestan Maluku (GPM) John Christian Ruhulessin menguat.
Peneliti LSI Adjie Alfaraby ketika dihubungi Ambon Ekspres, Rabu (12/7) mengatakan, pihaknya akan melakukan survei pada September atau Agustus. LSI akan melakukan simulasi bakal calon gubernur-wagub.”Kalau simulasi pasti ada. Biasanya ada simulasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur,” jelas Alfaraby.

Untuk diketahui, sebanyak 11 balon gubernur mendaftar di Nasdem, yakni adalah Said Assagaff, Barnabas Orno, Johozua Max Yoltuwu, Bitzael Silvester Temmar, Herman Adrian Koedeoboen, Jacky Noya, Julius Latumaerissa, Tagop Soulisa da Engelina Patttiasina, Murad Ismial dan Zedek Sangadji. Balon wakil gubernur, Anderias Rentanubun, Abdullah Vanath, Melkias Frans, Hamdani Laturua, Mozes Rudi Timisela, Gazali Salampessy dan Lucas Uruwatuw. (TAB/ISL)

Most Popular

To Top