Dinsos Gelar Bimbingan Sosial Bagi Anak Terlantar – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Dinsos Gelar Bimbingan Sosial Bagi Anak Terlantar

AMEKS ONLINE–Pemerintah Kabupaten Buru melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar kegiatan bimbingan sosial dan keterampilan ternak ayam bagi anak terlantar yang ada di Kecamatan Lolongguba. Kegiatan yang digelar, Selasa kemarin, (25/7), ini mendapat apresiasi positif dari warga setempat.

Kegiatan bimbingan ini dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buru, Abdul Majid Umaternate dan didampingi Camat Lolongguba, Baharudin.
Dalam penjelasannya, Umaternate mengatakan, kegiatan bimbingan ini digelar untuk meminimalisir jumlah anak terlantar akibat kemiskinan. Karena itu mereka diberikan pengetahuan dan ketrampilan usaha sehingga bisa keluar dari berbagai persoalan ekonomi.
“Salah satunya kita memberikan bimbingan dan pelatihan bagaimana cara beternak ayam sejak dini agar mereka memiliki pengetahuan cara beternak yang baik,” tutur Umaternate.

Karena itu, lanjut dia, mater kegiatan bimbingan dan ketrampilan itu lebih difokuskan untuk tata cara beternak ayam dengan baik agar bisa memberikan hasil yang baik pula. “Yang paling utama ada pengetahuan yang menjadi bekal untuk masa depan anak-anak,” ujarnya.
Selain itu, jelas dia, pelatihan ini dilakukan untuk memberi bekal kemandirian anak, serta dapat memotivasi agar tidak salah arah dalam menentukan langkah hidup kedepan dan mempunyai keterampilan sesuai dengan pengetahuan yang telah dimiliki.

“Kami berupaya agar anak-anak di Kabupaten Buru ini bisa lebih mandiri dan tidak cenderung menjadi manja dan dapat menjadi harapan para orang tua kelak,” jelasnya.
Dirinya berharap, kegiatan bimbingan dan ketrampilan ini dapat memacu anak anak di Kabupaten Buru untuk meningkatkan pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup mereka kelak.
“Untuk itu, orang tua dan anak di Kabupaten Buru diharapkan lebih kreatif dalam meningkatkan perekonomian keluarga agar tidak terjadi kemiskinan berkepanjangan,” tandasnya. (DHE)

Most Popular

To Top