Kerusakan Jalan Semakin Parah – Ambon Ekspres
Amboina

Kerusakan Jalan Semakin Parah

JALAN BERLUBANG: Kondisi ruas jalan yang rusak di Jalan Wolter Monginsidi Lateri Kota Ambon. Terpaksa ditandai dengan drum bekas agar pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintas.

AMEKS ONLINE, AMBON.––Hujan dengan intensitas sedang hingga ringan masih terjadi di Kota Ambon. Kondisi ini juga menyebabkan terjadi kerusakan di hampir semua ruas jalan utama yang ada di ibukota Provinsi Maluku ini. Selain kerusakan jalan, longsor juga masih terjadi.

Kerusakan jalan yang mengganggu aktifitas pengguna jalan diantaranya di ruas jalan Jalan Slamet Riyadi, Jalan Jenderal Sudirman, Pantai Mardika, Ahuru serta Lateri dan Passo. Namun hingga kini belum ada upaya perbaikan yang dilakukan pemerintah. Kondisi ini juga disesalkan warga. ‘’Pemerintah beralasan, cuaca belum normal jadi belum bisa diperbaiki. Inikan alasan yang menurut kami, terlalu mengada-ngada,” kata Paman Nurlette, salah satu aktivis Muhammadiyah, Maluku kepada Ambon Ekspres, belum lama ini.

Menurut dia, jika kondisi jalan itu tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan bisa memakan korban. “Apakah harus tunggu cuaca baik, atau tunggu sampai ada yang meninggal di kawasan jalan rusak itu baru diperbaiki. Inikan sesuatu yang merunut hemat kami, tidak perlu sampai terjadi. Pemerintah harus segera bersikap untuk memperbaikinya,” pinta dia.

Pantauan koran ini, kondisi ruas jalan rusak parah terlihat di Jembatan Lateri. Jalan amblas sehingga membahayakan pengguna jalan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian ditaruh drum sebagai peringatan kepada pengguna jalan. ‘’Ruas jalan yang amblas di Jembatan Lateri sangat membahayakan. Apalagi pada malam hari lampu penerangan jalan tidak cukup terang bagi pengendara. Pengendara juga harus hati-hati bila tidak ingin celaka,’’ kata Rudi, salah satu warga setempat.

Dia berharap ada langkah antisipasi dari pemerintah sehingga kondisi ruas jalan yang rusak ini bisa segera diperbaiki. ‘’Sangat dikhawatirkan ruas jalan di jembatan Lateri ini bisa terputus bila tidak ada langkah antisipasi dari pemerintah,’’ terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku, Ismail Usemahu sebelumnya mengaku semua ruas jalan rusak di Kota Ambon akan diperbaiki. Dia mengaku sebagian besar ruas jalan di Kota Ambon terutama yang berstatus jalan provinsi rusak total.

Menurut dia, anggaran pekerjaan jalan juga telah disiapkan. Namun karena kondisi cuaca sehingga belum bisa dikerjakan. “Kalau dikerjakan saat musim hujan jalan bisa rusak kembali,” jelasnya kepada wartawan, belum lama ini.

Usemahu menandaskan, perbaikan jalan ini juga penting untuk mendukung perhelatan Tour de Mollucas (TdM) pada September mendatang. ‘’Tetap semua akan diperbaiki. Ini juga mau Tour de Mollucas (TdM) bulan September, jadi kita tetap akan kerjakan jalan-jalan rusak tersebut,’’ tandas dia.(ERM)

Click to comment

Most Popular

To Top