PKS Uji Cagub-Cawagub di Ambon – Ambon Ekspres
Politik

PKS Uji Cagub-Cawagub di Ambon

AMEKS ONLINE–Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah DPW (PKS) Maluku Suhfi Majid, memastikan uji kelayakan dan kepatutan bakal calon gubernur dan wakil gubernur tidak dilakukan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP), tetapi di DPW.

“Untuk PKS, uji kelayakannya tidak dilakukan DPP, melainkan di kota Ambon oleh DPW. Sehingga para bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur yang resmi mendaftar, tidak perlu mengikutinya ditingkat DPP,” ujar Suhfi kepada Ambon Ekspres via seluler, Kamis (27/7).

Dia mengatakan, saat ini DPW PKS masih melakukan sosialisasi dan jaring aspirasi di internal pengurus partai ditingkat kabupaten/kota. Tahapan ini berlangsung selama sebulan.
Setelah itu, dilanjutkan dengan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang direncakan awal atau akhir Agustus.
“Ya dipastikan seperti itu, uji kelayaknnya bisa saja dilakukan pada akhir Agustus atau awal September. Makanya kita upayakan waktu selama satu bulan ini untuk pentahapan sosialisai, dan jaring aspirasi dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga tidak terkendala untuk tahapan selanjutnya,” katanya.

Mekanisme uji kelayakan dan kepatutan, kata dia, akan ditentukan oleh DPW PKS Maluku. Termasuk penentuan panelis. “Kenapa uji kelayakannya dilakukan oleh DPW, karena ada mekanismenya. Kemudian menyangkut hal-hal teknis dilihat nanti, saat uji kelayakan dilakukan, apakah tim panelis dari tokoh PKS sendiri, atau dari akademisi,” tandasnya.

Mantan Ketua Komisi D DPRD Maluku ini menambahkan, uji kelayakan dan kepatutan tidak untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku. Bakal calon bupati dan wakil bupati Kabuaten Maluku Tenggara, Walikota dan Wakil Walikota Tual yang mendaftar du PKS, juga akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Ambon.
“Memang seperti itu, kami tidak melakukannya hanya untuk cagub dan cawagu saja. Melainkan tingkat daerah, misalnya untuk Maluku Tenggara, dan Kota Tual, uji kelayakannya tetap dilakukan di Ambon oleh DPW, bukan di daerahnya. Karena dipemilihan sebelumnya sudah dilakukan seperti itu,” ungkap mantan calon wakil Bupati SBB ini. (WHB)

Most Popular

To Top