Spesies Ikan Baru Ditemukan, Beratnya 2 Ton – Ambon Ekspres
Coffe Break

Spesies Ikan Baru Ditemukan, Beratnya 2 Ton

AMEKS ONLINE–Untuk pertama kalinya dalam 130 tahun terakhir, para periset telah menemukan spesies baru ikan sunfish yang telah hilang dari catatan taksonomi selama hampir tiga abad.
Spesies baru aneh ini dinamai Hoodwinker Sunfish (Mola tecta), dan telah ditemukan di perairan dingin Selandia Baru, selatan Chile, Afrika Selatan dan pantai tenggara Australia.
” Spesies baru ini berhasil lolos dari catatan ilmuwan selama hampir tiga abad dengan ‘bersembunyi’ dalam sejarah taksonomi ikan sunfish yang berantakan,” kata penulis utama Marianne Nyegaard dari Universitas Murdoch, Australia.

Lolosnya Hoodwinker dari sejarah taksonomi ikan sunfish sebagian besar karena mereka sangat sulit untuk dilestarikan dan dipelajari, bahkan bagi institusi sekelas museum sejarah alam.
” Itulah sebabnya kami menamainya Mola tecta (Hoodwinker Sunfish), berasal dari bahasa Latin tectus, yang berarti menyamar atau tersembunyi,” tambah Nyegaard.
Terlihat seperti persilangan antara pancake raksasa dan koper dengan sayap, sunfish adalah ikan bertulang terberat di dunia. Beratnya bisa sampai dua ton dan panjangnya mencapai tiga meter.

Gen Misterius
Meskipun sering ditampilkan di YouTube, ikan sunfish sangat sulit dilacak. Ini berkat sifat soliter mereka dan preferensi untuk tinggal di kedalaman laut yang sulit dijangkau.
Kehidupan ikan sunfish hanya berkisar pada menyeimbangkan antara menyelam dalam-dalam untuk mencari ubur-ubur dan berenang ke permukaan untuk menghangatkan tubuh.
Sejarah taksonomi mereka juga berantakan. Para penjelajah awal mendeskripsikan beberapa spesies baru berdasarkan spesimen tunggal yang mereka temukan saat berlayar.
Ketika penjelajah mencapai Australia dan Selandia Baru, mereka mulai memberi label pada setiap ikan sunfish yang ditemui sebagai sunfish laut (Mola mola) yang membuat segalanya menjadi lebih rumit.
Terakhir kali peneliti mengidentifikasi spesies sunfish baru berusia 130 tahun yang lalu, yaitu ikan mola laut selatan (Mola ramsayi).

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top